Breaking News:

Pertikaranas

SMAN 4 Banda Aceh Kirim Utusan untuk Ikut Pertikaranas di Palembang

Perkemahan Pertikaranas itu bertujuan sebagai wadah pendidikan bagi anggota Pramuka Satuan Karya Bhayangkara.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Taufik Hidayat
Dok Pribadi
Lima siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh terpilih mengikuti Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Nasional (Pertikaranas) ke-4 pada 13-18 November 2022 di Palembang, Sumatera Selatan 

Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, PALEMBANG – Sebanyak lima siswa SMA Negeri 4 Banda Aceh terpilih untuk mengikuti ajang Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Nasional ( Pertikaranas) ke-4 pada 13-18 November 2022 di Palembang, Sumatra Selatan. Kelima siswa tersebut, yaitu Aida Fitriyah, M Imam Mubaraq, Nayya Putri Siva, Silvia Maghfirah, dan Suqya Rahmi.

Kepala Sekolah SMAN 4 Banda Aceh, Drs Muzakkir, M.Pd mengatakan, kelima siswanya selama ini mengikuti seleksi di bawah binaan Saka Bhayangkara Polda Aceh yang dikordinir langsung, Dir Binmas polda aceh kakak Kombespol Muhammad Muslim Siregar , S.I.K.

"Kita ucapkan terima kasih kita ke jajaran Polda Aceh yang telah mempercayai SMAN 4 dalam seleksi untuk bisa berangkat pada kegiatan tersebut, semoga siswa kami dapat berkontribusi dengan baik," jelas Muzakkir.

Pertikaranas merupakan wadah pertemuan antara Pramuka Penegak dan Pandega Satuan Karya Bhayangkara yang dilaksanakan lima tahun sekali. Bentuk kegiatannya berupa perkemahan bakti dan pengabdian pada masyarakat.

Perkemahan Pertikaranas itu bertujuan sebagai wadah pendidikan bagi anggota Pramuka Satuan Karya Bhayangkara. Khususnya untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dengan semangat persatuan dan persaudaraan, agar terciptanya kader-kader Bhayangkara yang patriot dan cinta tanah air dan mampu menjadi pelopor di wilayah Kamtibmas di wilayah masing-masing. 

Dalam kegiatan itu, peserta juga diberikan pengembangan kebhayangkaraan seperti pelopor keselamatan lalu lintas, keamanan dan ketertiban masyarakat.

Para peserta juga melakukan bakti sosial dengan membuat siring air warga, pembuatan taman pramuka, renovasi rumah tidak layak huni, dan sebagainya. Kemudian juga ada penyuluhan PHBS, Penyuluhan bahaya narkoba, dan sebagainya.

Para peserta juga diajak berwisata pengetahuan tentang Sumsel seperti, mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Masjid Agung, 6 tempat rumah ibadah, Jakabaring Sport City, Kampung Pembuatan Pempek, Pembuatan Songket Palembang, dan sebagainya.

Festival kuliner, permainan tradisional, hingga atraksi seni budaya menjadi salah satu momen menarik dari acara itu. Para peserta dapat memperkenalkan kesenian dan makanan khas daerah masing-masing kepada peserta. Peserta dari Aceh ikut menampilkan tarian Likok Pulo, Tari Guel Gayo, dan Tari Ratoeh Jaroe.(*)

Baca juga: Kapolres Kukuhkan Dewan Saka Bhayangkara

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved