Breaking News:

UMP di Aceh

UMK Lhokseumawe Tahun 2023 Merujuk Pada UMP Provinsi, Ini Sebabnya

"Pengalaman di Lhokseumawe, dengan merujuk pada UMP saja, masih banyak perusahaan-perusahaan yang tidak mampu membayar gaji karyawaannya sesuai UMP

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Nurul Hayati
For Serambinews.com
Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Lhokseumawe, Amiruddin SH MH. 

"Pengalaman di Lhokseumawe, dengan merujuk pada UMP saja, masih banyak perusahaan-perusahaan yang tidak mampu membayar gaji karyawaannya sesuai UMP. Didasari kondisi tersebut, maka tahun 2023, kita simpulkan tetap merujuk saja pada UMP Aceh," paparnya.

Laporan Saiful Bahri I Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - Pemerintah Kota Lhokseumawe memastikan, kalau Upah Minimum Kota (UMK) Lhokseumawe untuk tahun 2023 tetap merujuk atau sama seperti Upah Minimum Provinsi (UMP) Aceh.

Sebagaimana diketahui, pada 2022, UMP Aceh hanya Rp 3,16 juta lebih. 

Sedangkan pada tahun 2023,  Pemerintah Aceh menaikkan sebesar Rp 247 ribu, sehingga UMP Aceh tahun depan mencapai Rp3,41 juta per bulan.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Lhokseumawe, Amiruddin, SH MH, dihubungi Serambinews.com, pada Selasa (29/11/2022), membenarkan kalau UMK Lhokseumawe untuk tahun 2023 tetap merujuk pada UMP Aceh. 

"Sama seperti tahun 2022, UMK kita tetap merujuk pada UMP Provinsi Aceh," jelas Amiruddin.

Jadi dengan merujuk pada UMP Aceh,  maka secara otomatis, UMK Lhokseumawe pada tahun 2023 ikut naik sebesar Rp 247 ribu, bila dibandingkan tahun 2022.

Dijelaskan Amiruddin, dasarnya untuk membahas UMK Lhokseumawe tahun 2023, beberapa waktu lalu, pihaknya telah duduk bersama dengan pihak-pihak terkait di Lhokseumawe.

Namun dalam pertemuan tersebut disimpulkan, tidak memungkinkan ditetapkan UMK Lhokseumawe.

Diuraikan Amiruddin, untuk menetapkan UMK sebuah kota atau kabupaten, diharuskan lebih besar minimal 10 persen dari UMP. 

"Pengalaman di Lhokseumawe, dengan merujuk pada UMP saja, masih banyak perusahaan-perusahaan yang tidak mampu membayar gaji karyawaannya sesuai UMP. Didasari kondisi tersebut, maka tahun 2023, kita simpulkan tetap merujuk saja pada UMP Aceh," paparnya.

Untuk mensosilisasikan tentang penetapan kalau Lhokseumawe tetap merujuk pada UMP Aceh pada tahun 2023, pihaknya pun sidah menyurati seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Lhokseumawe.(*)

Baca juga: Bireuen belum Tetapkan UMK 2023, Tunggu UMP Aceh, Begini Kondisi Upah & Industri di Kota Juang Itu

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved