Breaking News:

Berita Langsa

Dosen Unsam Adakan Pengabdian di Desa Baroh Langsa, Latih Warga Cara Proteksi Peralatan Rumah Tangga

“Kita mencoba mengajarkan kepada warga cara mencegah karat atau korosi di peralatan rumah tangga dengan bahan sederhana yang mudah didapat,” ujarnya.

Penulis: Saifullah | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Warek III Unsam Langsa, Dr Ir M Zulfri, ST, MM, MT, IPM bersama Tim Pengabdian Unsam foto dengan warga Desa Baroh, Kecamatan Langsa Lama, 13 Oktober 2022. 

Laporan Saifullah | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA – Tim dosen Universitas Samudra ( Unsam) Langsa melakukan pengabdian di lingkungan masyarakat dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tim Unsam yang dimotori Wakil Rektor (Warek) III, Dr Ir Muhammad Zulfri, ST, MM, MT, IPM dan Ir Syamsul Bahri Widodo, MT turun ke Desa Baroh, Langsa Lama untuk melakukan pengabdian di gampong setempat pada 13 Oktober 2022 lalu.

Warek III Unsam, Dr M Zulfri mengatakan, selama melakukan pengabdian di Desa Baroh tersebut, pihaknya membantu melatih masyarakat cara mengatasi korosi atau karatan pada peralatan rumah tangga secara sederhana.

“Kita mencoba mengajarkan kepada warga cara mencegah karat atau korosi pada peralatan rumah tangga dengan bahan sederhana yang mudah didapat,” terang Dr M Zulfri.

“Dalam hal ini kita menggunakan ekstrak daun belimbing wuluh karena belimbing wuluh merupakan tanaman yang hampir ada di pekarangan rumah warga di pedesaan,” lanjutnya.

Dr M Zulfri melanjutkan, masalah karat pada peralatan rumah tangga merupakan persoalan umum yang dialami oleh masyarakat, khususnya di pedesaan.

Baca juga: Pusat Kajian Sejarah dan Ideologi Unsam Temukan Bekas Benteng Pertahanan Gajah Mada di Aceh Timur

Kondisi iklim dan unsur mineral dalam air tanah yang digunakan warga menyebabkan peralatan rumah tangga seperti wajan, mudah menjadi karat.

“Kondisi ini tentu membuat warga merugi karena peralatan rumah tangga mereka tidak berumur lama,” ulas Warek III Unsam.

“Dasar inilah yang membuat Unsam mencoba membantu masyarakat pedesaan, yakni warga Desa Baroh cara mengatasi korosi atau karat pada peralatan rumah tangga dengan memakai bahan sederhana,” urai dia.

Baca juga: Tenaga Ahli KSP Kunjungi Kota Langsa, Tinjau Pelabuhan Hingga Beri Kuliah Umum di Unsam

“Ada 11 warga yang ikut pelatihan ini. Mudah-mudahan, ilmu yang diperoleh dalam pelatihan dapat diterapkan warga dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus bisa ditransfer ke warga lainnya,” pungkas M Zulfri.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved