Breaking News:

Berita Banda Aceh

Realisasi Pendapatan Aceh 3 Besar Nasional, BPKA Gelar Rakor Samsat se-Aceh

Realisasi pendapatan dan belanja Aceh hingga 25 November 2022 masing-masing telah mencapai 95,86 persen dan 71,96 persen

Editor: bakri
FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala BPKA, Azhari (dua kanan), bersama Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Muji Ediyanto (dua kiri) dan Kepala Cabang Jasa Raharja Aceh, Regy S Wijaya (kanan) dalam Rapat Koordinasi Samsat se-Aceh di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (29/11/2022). 

BANDA ACEH - Realisasi pendapatan dan belanja Aceh hingga 25 November 2022 masing-masing telah mencapai 95,86 persen dan 71,96 persen, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Capaian realisasi itu juga menempatkan Aceh berada di daftar provinsi dengan tingkat realisasi tertinggi secara nasional.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh ( BPKA), Azhari SE MSi, didampingi Kabid Pendapatan, Saumi Elfiza SE MSi Ak, seusai kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Samsat se-Aceh yang berlangsung di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Selasa (29/11/2022).

“Realisasi pendapatan Aceh yang masuk hingga 25 November 2022 sudah 95,86 persen dari target Rp 13,4 triliun.

Sementara untuk realisasi belanja mencapai 71,96 persen dari Rp 16,7 triliun,” sebutnya.

Sementara tahun 2021 lalu untuk periode yang sama (25 November), Azhari menyebutkan, realisasi pendapatan hanya sebesar 81,85 persen dan belanja sebesar 62,22 persen.

“Ini menandakan adanya perubahan percepatan realisasi, baik dari sisi pendapatan maupun sisi belanja,” ujar Azhari.

Baca juga: UPTD BPKA Sosialisasi Kemudahan Layanan Jemput Pajak Online, 2 Menit Langsung Selesai

Baca juga: Memaksimalkan Pemasukan Pajak Ramor, Tim UPTD IV BPKA Aceh Wilayah Bireuen Segera Turun

Perubahan percepatan realisasi pendapatan dan belanja ini menurutnya, juga menunjukkan bahwa kinerja Pemerintah Aceh dibawah kepemimpinan Pj Gubernur Achmad Marzuki semakin membaik.

“Kita targetkan akhir tahun nanti realisasi belanja bisa mencapai 95 persen.

Ada kemungkinan, Silpa Aceh tahun ini akan lebih kecil dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Tingginya realisasi pendapatan dan belanja Aceh itu sekaligus menempatkan Aceh dalam daftar provinsi dengan realisasi tertinggi secara nasional.

Untuk realisasi pendapatan, Azhari menyebutkan Aceh berada di peringkat tiga nasional sedangkan realisasi belanja berada di peringkat enam nasional.

Rakor Samsat Peningkatan realisasi pendapatan itu tentu tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan BPKA selama ini, termasuk salah satunya dengan menggelar Rakor Samsat se-Aceh yang berlangsung di Hotel Hermes Palace kemarin.

Kabid Pendapatan, Saumi Elfiza, menyebutkan, kegiatan tersebut dihadiri Kepala UPTD Samsat BPKA di seluruh kabupaten/kota, unsur Jasa Raharja, dan Satlantas kabupaten/kota.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved