Breaking News:

Budidaya Salak

Distanbun Aceh Serahkan Tanda Daftar Salak Varietas Sabang ke Pemko Sabang

Selain penanaman tersebut dalam rangkaian acara juga turut diserahkan plakat tanda daftar salak sabang oleh Kadistanbun Aceh ke PJ Walikota.

Penulis: Herianto | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir. Cut Huzaimah, MP yang diwakili oleh Kepala UPTD BPSBTPHP Distanbun Aceh Habiburrahman STP MSc menyerahkan Tanda Daftar Varietas Tanaman komoditi Salak varietas Sabang kepada PJ Walikota Sabang Drs Reza Fahlevi, M.Si di sela Acara Penanaman Perdana Kedelai Program ABT TA 2022 di lokasi Desa Paya Seunara. 

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Ir. Cut Huzaimah, MP yang diwakili oleh Kepala UPTD BPSBTPHP Distanbun Aceh Habiburrahman STP MSc menyerahkan Tanda Daftar Varietas Tanaman komoditi Salak varietas Sabang kepada PJ Walikota Sabang Drs Reza Fahlevi, M.Si di sela Acara Penanaman Perdana Kedelai Program ABT TA 2022 di lokasi Desa Paya Seunara.

Dalam laporan panitia oleh Fakhri M AP selaku Kadis Pertanian dan Pangan Kota Sabang melaporkan bahwa tahun ini melalui dana ABT APBN 2022 Kota Sabang mendapat alokasi penanaman kedelai seluas 50 Ha yang tersebar di 10 Kelompok Tani.

Selain penanaman tersebut dalam rangkaian acara juga turut diserahkan plakat tanda daftar salak sabang oleh Kadistanbun Aceh ke PJ Walikota.

Selanjutnya dalam sambutan Kadistanbun Aceh yg dibacakan Habiburrahman menyampaikan Apresiasi kepada Pemko Sabang yang sudah mulai tumbuh kembang komodiiti pertanian dan perkebunan seperti Kacang Tanah, Kedelai, Salak, Alpokat, Cengkeh, Kakao dan Nilam yang akan berkembang menjadi penangkaran benih.

Dukung Pengembangan Lokasi Wisata, Pj Bupati Aceh Utara Gelar Rapim di Kafe Gunung Salak

Dalam kesempatan ini Habib turut menyerahkan Plakat Tanda Daftar Verietas Tanaman Komoditi Salak varietas Sabang yang ditanda tangani oleh Kapus PVTPP Kementan RI Gunawan SP MSi.

Plakat tersebut membuktikan bahwa di Kementan RI sudah ada pengakuan sah kepemilikan Salak tersebut menjadi aset Pemko Sabang dengan harapan dalam beberapa bulan ke depan akan ditingkatkan usulan Salak Sabang menjadi Varietas Unggul Nasional (VUN).

Pj Walikota Sabang Drs Reza Fahlevi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan bimbingan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh dalam mendukung Ketahanan Pangan di Kota Sabang.

Kedepan diharapkan Gerakan Cepat Tanam dan Panen sesuai arahan Presiden Joko Widodo agar di masing-masing kabupaten/kota untuk membekali diri dengan aneka tanaman yang mendukung ketahanan pangan.

Selain untuk ketahanan pangan diharapkan Sabang akan menambah spot-spot wisata berupa agrowisata untuk komoditi salak, alpokat, kakao dan tourism rempah cengkeh dan nilam.(*)

Senator DPD RI asal Aceh Ingatkan Pemerintah Indonesia Bersikap Tegas Menolak Isu LGBT

VIDEO - RSUD Langsa Saat Ini Rawat 150 Pasien Positif HIV/AIDS

Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 Sudah Dimulai, Ada 30 Perusahaan yang Buka Lowongan, Ini Daftarnya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved