Breaking News:

Opini

Ekosistem Halal di Pasar Modal Syariah

Menurut data yang dipublikasi oleh Bank Indonesia, market size industri halal dunia akan tumbuh sebesar 6,2 persen pada periode 2018-2024

Editor: bakri
Ekosistem Halal di Pasar Modal Syariah
FOR SERAMBINEWS.COM
Dr THASRIF MURHADI SE MM,  Kepala Bursa Efek Indonesia Provinsi Aceh

OLEH Dr THASRIF MURHADI SE MM,  Kepala Bursa Efek Indonesia Provinsi Aceh 

MUNCULNYA kesadaran pada masyarakat tentang menggunakan produk halal, menjadikan industri halal sebagai industri yang memiliki nilai yang besar dan menjanjikan.

Menurut data yang dipublikasi oleh Bank Indonesia, market size industri halal dunia akan tumbuh sebesar 6,2 persen pada periode 2018-2024.

Menurut data, market size industri halal tahun 2018 sebesar USD 2,2 triliun, sehingga akan tumbuh menjadi USD 3,2 triliun pada tahun 2024.

Angka tersebut diluar market size industri keuangan Islam yang diperkirakan memiliki market size USD 3,5 triliun pada 2024.

Perkembangan industri halal ini seiring dengan pertumbuhan populasi umat muslim di dunia, yang perkirakan 2030 terdapat 2,2 miliar populasi.

Dengan market size industri halal yang besar dan terus bertumbuh, serta munculnya halal lifestyle di kalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia, menjadikan banyak negara di belahan dunia saat ini berlomba untuk menjadi pemain utama produk halal.

Hal ini tidak hanya dilakukan oleh negara-negara yang berpenduduk mayoritas beragama muslim seperti Malaysia, UEA, Indonesia dan lainnya.

Namun juga oleh negara-negara yang berpenduduk minoritas muslim seperti Jepang, Australia, Korsel, China, Amerika, dan Eropa.

Indonesia telah mencanangkan untuk pengembangan ekosistem halal beberapa waktu lalu oleh Wakil Presiden RI.

Adapun ekosistem halal meliputi: keuangan Islam, makanan, travel dan pariwisata, fashion, media dan rekreasi, serta farmasi dan kosmetik.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Gelar Sekolah Pasar Modal

Baca juga: Saat Buka Perdagangan BEI 2022, Airlangga Harap Presidensi G20 dan RCEP Bantu Geliat Pasar Modal

Dengan demikian industri halal saat ini tidak hanya identik dengan makanan/minuman halal saja, namun juga telah menyentuh berbagai sektor bisnis yang ada.

Pencanangan Indonesia pada pengembangan ekosistem halal ini tentu saja bukan tanpa dasar, hal ini dimotori oleh resource yang tersedia di Indonesia untuk mendukung ekosistem halal dan jumlah penduduk beragama Islam di Indonesia merupakan salah satu terbesar di dunia.

Menurut data badan statistik, jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam sebanyak 207 juta jiwa atau 87,5 persen dari total penduduk Indonesia.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved