Breaking News:

Berita Lhokseumawe

Kakanwil Kemenkumham Aceh Cek Imigran Rohingya di Lhokseumawe, Ini Katanya Soal Penampungan Mereka

Meurah Budiman mengatakan sejak sehari sebelumnya atau Selasa (30/11/2022), pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak UNHCR dan IOM untuk memindahkan

Penulis: Zaki Mubarak | Editor: Mursal Ismail
SERAMBINEWS.COM/ZAKI MUBARAK
Kakanwil Kemenkumham Aceh Meurah Budiman bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Fauzi Yusuf, cek lokasi penampungan pengungsi Rohingya di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe di Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe, Rabu (30/11/2022) 

Meurah Budiman mengatakan sejak sehari sebelumnya atau Selasa (30/11/2022), pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak UNHCR dan IOM untuk memindahkan Rohingya yang terdampar di Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, dan Desa Bluka Tebai, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM,LHOKSEUMAWE - Kakanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman, bersama Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Lhokseumawe, Fauzi Yusuf, meninjau imigran Rohingya di lokasi penampungan sementara di bekas Kantor Imigrasi di Punteut, Kecamatan Blang Mangat, Lhokseumawe

Dalam kunjungannya Rabu (30/11/2022), Meurah Budiman, kepada Serambinewws.com, mengatakan sesuai surat perintah Dirjen Imigrasi bahwa telah memberi izin tempat eks kantor Imigrasi Lhokseumawe akan menampung sementara 229 pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh Utara pada 15-16 November 2022.  

Meurah Budiman mengatakan sejak sehari sebelumnya atau Selasa (30/11/2022), pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak UNHCR dan IOM untuk memindahkan Rohingya yang terdampar di Meunasah Lhok, Kecamatan Muara Batu, dan Desa Bluka Tebai, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara

Ya, tempat penampungan baru sementara itu di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe kawasan Punteut. 

Ia menjelaskan pihaknya hanya memberi izin tempat tinggal sementara sesuai perintah Dirjen Imigrasi dengan batas waktu selama tiga bulan.

Baca juga: VIDEO Kakanwil Aceh Cek 229 Rohingya yang Tempati Eks Kantor Imigrasi Lhokseumawe

“Sedangkan terkait penanganan Rohingya, baik untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan lainnya itu merupakan tanggung jawab UNHCR dan IOM yang mempersiapkannya,” kata Meurah Budiman.

Sedangkan untuk pengamanan imigran Rohingya itu, kata Meurah Budiman, merupakan tugas aparat keamanan Polri-TNI, serta Sat[ol PP. “Maka UNHCR dan IOM wajib melakukan koordinasi dan kerjasama dengan mereka," ujar Meurah Budiman.

Meurah Budiman menyebutkan jika pemakaian tempat itu lebih tiga bulan, maka pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan pihak terkait.

“Seharusnya, sejak saat ini pihak UNHCR dan IOM telah melakukan langkah selanjutnya untuk mencari tempat yang lebih layak buat Rohingya itu,” tutpnya. (*)

Baca juga: IOM Pindahkan 229 Pengungsi Rohingya di Aceh Utara ke Eks Kantor Imigrasi Lhokseumawe

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved