Breaking News:

Berita Bireuen

Puluhan Siswa SMKN 1 Jeunieb Bireuen Ikut Lomba Kaligrafi dan Baca Puisi

Kategori kaligrafi yang dilombakan adalah kaligrafi lukis (kontemporer) yang menekankan kebenaran dan keindahan tulisan menurut kaidah khat.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Siswi SMKN 1 Jeunieb, Bireuen, Jumat (02/12/2022) sedang mengikuti lomba kaligrafi di sekolahnya 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Sejak beberapa hari lalu puluhan siswa SMKN 1 Jeunieb Bireuen mengikuti  Lomba Kaligrafi dan membaca puisi, selain itu juga digelar  dialog interaktif dan menyantuni puluhan anak yatim. Kegiatan perlombaan berlangsung, Kamis dan Jumat (1-2/12/2022).

Berbagai kegiatan rangkaian menyemarakkan kenduri maulid yang berlangsung Sabtu (03/12/2022) di komplek sekolah tersebut kawasan Desa Blang Mee Barat, Jeunieb Bireuen.

Kepala SMKN 1 Jeunieb Bireuen, Feri Irawan SSi MPd kepada Serambinews.com, Sabtu (03/12/2022) mengatakan, memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW 1444 H yang dilaksanakan OSIS SMKN 1 Jeunieb tahun ini lebih semarak dengan dilaksanakan perlombaan kaligrafi dan baca puisi yang diikuti para siswa.

Puluhan siswa unjuk kebolehan dalam kreativitas seni gambar bernafaskan Islami dengan tema. “Bersyukur di Era Revolusi Industri 4.0”. Lomba Kaligrafi yaitu menulis indah ayat Al-Qur'an yang menekankan kebenaran dan keindahan tulisan menurut kaidah khat yang berlaku. Kategori kaligrafi yang dilombakan adalah kaligrafi lukis (kontemporer).

Selain itu juga dilaksanakan lomba baca puisi diikuti puluhan siswa dengan antusias para peserta dalam mengikuti lomba.

Berbagai kegiatan bertujuan untuk mengasah serta menggali bakat dan minat pelajar seni keislaman.

“Kaligrafi merupakan salah satu cabang seni islami yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Dengan tinta dan guratan warna yang indah, di hasilkanlah tulisan-tulisan ayat Al Quran atau Al Hadist yang syarat akan makna,” ujarnya

Usai melaksanakan berbagai kegiatan dilanjutkan dengan kenduri maulid yang berlangsung di komplek sekolah.(*)

Baca juga: Aceh dan Kaligrafi

Baca juga: Kaligrafi Arab Berhasil Masuk Daftar Warisan UNESCO

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved