Breaking News:

Berita Aceh Utara

Penyandang Disabilitas Empat Kecamatan di Aceh Utara Dapat Bantuan Kemensos

Masing-masing dari Kecamatan Lhoksukon 73 Lansia, Tanah Luas 66 Lansia, Nibong 18 Lansia dan Cot Girek 20 Lansia.

Penulis: Jafaruddin | Editor: Nur Nihayati
Dok Petugas PKH
Warga lanjut usia dari empat kecamatan di Aceh Utara mendapat bantuan Per Makanan dari Kementerian Sosial yang disalurkan melalui Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak Aceh Utara. Dok Petugas PKH 

Masing-masing dari Kecamatan Lhoksukon 73 Lansia, Tanah Luas 66 Lansia, Nibong 18 Lansia dan Cot Girek 20 Lansia.

Laporan Jafaruddin I Aceh Utara

SERAMBINEWS.COM,LHOKSUKON – Sebanyak 117 keluarga tunggal lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas dari empat kecamatan di Aceh Utara mendapat bantuan Program Per Makanan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk selama Desember 2022.

Masing-masing dari Kecamatan Lhoksukon 73 Lansia, Tanah Luas 66 Lansia, Nibong 18 Lansia dan Cot Girek 20 Lansia.

Program tersebut dilaunching Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Aceh Utara Fuad Mukhtar melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Mansur SE, di Desa Pulo U Kecamatan Tanah Luas, kemarin.

“Bantuan Sosial Permakanan merupakan salah satu bantuan sosial dalam bentuk makanan siap saji yang diberikan kepada penyandang kesejahteraan sosial melalui kelompok masyarakat,” ujar Mansur SE dalam siaran pers yang diterima Serambinews.com, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Lama tak Dirawat, Jalan Provinsi Menuju Ibu Kota Aceh Singkil Dipenuhi Lubang

Disebutkan, tujuan pemberian bantuan sosial permakanan bagi lanjut usia keluarga tunggal dan penyandang disabilitas keluarga tunggal adalah sebagai upaya penghormatan.

Juga perlindungan dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan dan/atau nutrisi agar memperoleh kehidupan yang layak.

"Jadi ini bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya lansia agar mereka bisa mempertahankan kehidupannya khususnya dengan makanan yang layak," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Aceh Utara Jafriadi menjelaskan Bantuan Sosial Program Per makanan ini untuk tahun 2022 berlangsung selama sebulan atau 30 hari di Desember 2022.

Dalam satu hari penerima mendapat 2 kali makan dengan harga Rp 21.000 atau satu porsi Rp10.500 yang dikelola secara swakelola oleh kelompok masyarakat.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja keras SDM Pendamping Sosial PKH Aceh Utara.

“Sampai 30 November telah dicairkan oleh Kemensos 2 Pokmas dari 5 Pokmas yang sudah kita ajukan.

Pokmas inilah nantinya melaksanakan pemberian bantuan sosial permakanan bagi Lansia keluarga tunggal dan Penyandang Disabilitas keluarga tunggal,” ujar Jafriadi.

Ia merincikan jumlah Lansia keluarga tunggal dan Penyandang Disabilitas keluarga tunggal yang memperoleh Bantuan Sosial Permakanan dari Kemensos adalah Kecamatan Lhoksukon 73 Lansia, Tanah Luas 66 Lansia, Nibong 18 Lansia dan Cot Girek 20 Lansia.

“Semoga bantuan sosial permakanan ini dapat membantu lansia keluarga tunggal khususnya agar dapat meringankan beban bagi mereka para lansia untuk bisa memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari dengan asupan gizi yang terpenuhi,” harap Jafriadi.(*)

Baca juga: Mulai Besok hingga Dua Hari Kedepan, Sebagian Aceh Diprediksi Dilanda Hujan Ringan

Baca juga: Ice Cream B’Ifin Jadi Jajanan Favorit Para Anak Sekolah

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved