Breaking News:

Info Abdya

Pj Bupati Abdya Ajak Masyarakat Iku Berantas Keberadaan Rokok Ilegal

Perbup Kawasan Tanpa Rokok ini mengatur dimana tempat yang dibolehkan untuk merokok dan yang dilarang kegiatan merokok, menjual, mengiklankan.

Penulis: Taufik Zass | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Satpol PP dan WH Kabupaten Abdya menggelar kegiatan sosialisasi kawasan tanpa rokok dan bahaya rokok ilegal yang berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Kamis (08/12/2022) 

Laporan Taufik Zass | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Pj Bupati Aceh Barat Daya, H Darmansah SPd MM mengharapkan kerja sama yang baik dari seluruh masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi serta memberantas keberadaan rokok ilegal di lingkungan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Abdya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Setdakab Abdya, Zaidi Saputra ST M.Si saat memberi sambutan pada acara sosialisasi kawasan tanpa rokok dan bahaya rokok ilegal yang berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Kamis (08/12/2022).

"Semoga sosialiasasi Kawasan Tanpa Rokok dan Bahaya Rokok Ilegal ini mampu menambah pengetahuan bagi masyarakat Aceh Barat Daya agar dapat memahami sepenuhnya tentang Peraturan Bupati Aceh Barat Daya Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok," papar Pj Bupati Abdya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Abdya menyampaikan bahwa Perbup tentang Kawasan Tanpa Rokok ini bukan melarang merokok, melainkan lebih kepada menertibkan serta mengatur dimana tempat yang dibolehkan untuk merokok dan wilayah yang dilarang adanya kegiatan merokok, menjual, mengiklankan.

"Dan kegiatan lain terkait rokok, misalnya pada tempat pelayanan kesehatan, sekolah, rumah sakit, taman bermain dan tempat lain yang ditentukan. Perlu kita tanamkan dalam diri bahwa setiap aturan yang telah dibuat akan ada sanksi yang melekat dengan aturan tersebut," jelas H Darmansah.

Begitu juga aturan Kawasan Tanpa Rokok, kata Pj Bupati Abdya, juga memuat sanksi pidana dan sanksi administratif terhadap pelanggar Perbup dan penegakannya akan dilaksanakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja. "Untuk itu, kami mengajak kita semua yang ada di sini mari bersama-sama bantu Pemerintah dalam menjalankan peraturan daerah yang ada," pesannya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Abdya juga mengajak perangkat desa untuk satukan langkah bergotong-royong, bahu membahu meningkatkan pengetahuan agar dapat memberi pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya rokok dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, serta tempat-tempat yang tidak boleh ada kegiatan terkait rokok di dalamnya.

"Semoga apa yang kita lakukan pada hari ini dapat menghasilkan manfaat, serta dapat menambah pengetahuan kita bersama terkait aturan Kawasan Tanpa Rokok dan Bahaya Rokok Ilegal, serta penegakan hukum atas pelanggaran yang terjadi di dalam masyarakat," pungkasnya.

Kasat Pol PP/WH Abdya, Hamdi S.STP M.Si melalui Kabid Trantib dan Linmas, Reza Kamarullah SH menjelaskan, kegiatan sosialisasi dimaksud diikuti oleh seluruh Sekdes dalam Kecamatan Blangpidie dan Susoh.

"Pemateri dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Meulaboh yang diwakili oleh Juanda dan Sofyan. Materinya lebih menekankan kepada Sosialisasi Perbup No 7 tahun 2015 tentang kawasan tanpa rokok di Kabupaten Abdya," pungkasnya.(*)

Baca juga: Satpol PP dan WH Abdya Sosialisasikan Kawasan tanpa Rokok dan Bahaya Rokok Ilegal

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved