Breaking News:

Berita Nagan Raya

Pj Bupati Nagan Ajak Petani Tanam Padi Serentak

Pihak Pemkab Nagan Raya juga berjanji untuk menjaga harga gabah di Nagan tetap stabil.

Penulis: Rizwan | Editor: Taufik Hidayat
Dok Humas
Pj Bupati Nagan Raya ketika cofee morning dengan masyarakat tani dan apatur desa serta keujruen blang dalam Kecamatan Suka Makmue di sebuah warkop, Kamis (8/12/2022) 

Laporan Rizwan | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas MSi menghadiri cofee morning dalam rangka Forum Group Discussion (FGD) Pembangunan Pertanian di gampong dan penetapan jadwal tanam padi serentak dalam Kecamatan Suka Makmue, Kamis (8/12/2022). 

Kegiatan dihadiri sejumlah kepala dinas, anggota DPRK, camat, keuchik dan masyarakat tani di sebuah cafee Gampong Lueng Baro. Kegiatan dipandu Camat Suka Makmue, Said Mudhar MPd

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany Farhas meminta kepada peserta yang hadir, melalui kegiatan ini agar menyampaikan keluhan-keluhan yang terjadi dalam masyarakat terutama terkait kendala tanam padi serentak yang ada dalam Kecamatan Suka Makmue.

"Kita harus kompak dalam mengatasi masalah pertanian ini mulai dari masyarakat, keuchik gampong hingga SKPK dan stakeholder lainnya," harap Pj Bupati.

Kadis Pertanian Nagan Raya, drh Safridhal mengatakan, pihaknya akan mengupayakan dan berusaha agar program tanam padi serentak ini dapat terwujud sesuai yang direncanakan. Selain itu, ia juga berjanji untuk menjaga Harga Gabah di Nagan Raya tetap stabil.

"Asal jangan di jual ke tengkulak, kita putuskan mata rantai pembelian ke tengkulak untuk kemakmuran petani kita, karena kalau kita jual ke tengkulak, dia yang laba, petani kita yang rugi, karena dibeli sesuka dia," papar Kadis Pertanian.

Kepala Bappeda Nagan Raya, Rahmattullah MSi  menyampaikan bahwa terkait tata ruang lahan sawah kabupaten Nagan Raya sudah terlindungi dengan adanya Qanun Perlindungan Lahan kabupaten Nagan Raya.

Camat Suka makmue, Said Mudhar mengatakan program tanam padi serentak tahun 2023 dalam Lecamatan Suka Makmue telah diprogram kan bersama para imuem mukim, Keuchik Gampong, Tuha peut gampong, Tokoh masyarakat, keujrun blang, untuk mengembalikan marwah kecamatan Suka Makmue sebagai lumbung padi di kabupaten Nagan Raya.

Dengan dilaksanakan tanam padi serentak dapat mengurangi hama pada padi. 

Pada tahun 2023 para keujrun blang di gampong dalam kecamatan suka makmue akan diasuransikan ke BPJS ketenagakerjaan sehingga petani terlindungi baik dari pelayanan kesehatan maupun risiko kerja di lahan sawah.(*)

Baca juga: RSUD Nagan Raya Miliki Dokter Spesialis Saraf

Baca juga: Melihat Lionel Messi Latihan jelang Laga Akbar Lawan Belanda, tak Cukup Hanya 15 Menit Memandang

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved