Breaking News:

Berita Langsa

Aktivitas Belajar Santri di MUQ Langsa Kembali Normal, Kini Pengelolaannya oleh YDBU

Sebelumnya sempat terhenti beberapa hari bersamaan dilaksanakan eksekusi riil perkara Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) dan YDBUL oleh Pengadilan Neg

Penulis: Zubir | Editor: Mursal Ismail
For Serambinews.com
Para santri MUQ mengikuti kegiatan ekstrakurikuler usai shalat subuh di Masjid MUQ di YDBU di Gampong Alue Pineung, Kecamatan Langsa Timur 

Sebelumnya sempat terhenti beberapa hari bersamaan dilaksanakan eksekusi riil perkara Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) dan YDBUL oleh Pengadilan Negeri (PN) Langsa tanggal 19 Januari 2023.

Laporan Zubir | Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Aktivitas belajar mengajar di Madrasah Ulumul Quran (MUQ) YDBU di Gampong Alue Pineung, Kecamatan Langsa Timur, sejak Selasa (24/1/2023) kembali berjalan seperti biasanya (norma kembali). 

Sebelumnya sempat terhenti beberapa hari bersamaan dilaksanakan eksekusi riil perkara Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) dan YDBUL oleh Pengadilan Negeri (PN) Langsa tanggal 19 Januari 2023.

Ribuan santri sejak hari itu telah diantarkan orang tuanya mondok kembali ke asrama MUQ untuk mengikuti aktivitas pendidikan. 

Usai dilakukan eksekusi rill oleh PN Langsa, terjadi peralihan pengelolaan MUQ dan STIKes dari Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa (YDBUL) ke Yayasan Dayah Bustanul Ulum atau YDBU.  

Ketua Umum YDBU, Drs H Faisal Hasan, Kamis (26/1/2023), menyebutkan sejak tanggal 24 Januari 2023 sebagian besar santri telah mengikuti proses belajar setelah mereka dihantarkan kembali oleh para wali santri ke MUQ.

"Alhamdulillah, tidak ada kendala apa pun, proses belajar mengajar di MUQ telah berjalan normal kembali seperti biasanya," ujar H. Faisal Hasan selaku pihak yang sah menjalankan pendidikan di YDBU saat ini. 

Dia menambahkan, sebelum peroses belajar dan mengajar dimulai, pada Selasa pagi lalu itu juga dilakukan Selasa (24/1/2023) dilaksanakan apel perdana bersama pengurus yayasan, pimpinan MUQ dan santri.

Untuk proses belajar mengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) YDBU di Gampong Paya Bujok Blang Paseh, Kecamatan Langsa Kot,a kini belum berjalan, dikarenakan sekarang masih dalam masa libur kuliah.

Dalam kesempatan ini, H Faisal Hasan, juga meminta kepada seluruh wali santri MUQ maupun orang tua para mahasiswa STIKes agar tidak terprovokasi atas berbagai informasi miring terkait penyelenggaraan pendidikan di MUQ maupun STIKes YDBU.

Apabila ada hal yang diperlukan, dirinya meminta wali santri maupun masyarakat dipersilakan menanyakan langsung informasi yang dibutuhkan kepada pihak YDBU.

Sekretaris YDBU, Dede Gustian, juga menginformasikan usai pelaksanaan eksekusi riil oleh PN Langsa, pihak YDBU langsung mengambil alih pengelolaan MUQ dan STIKes .

Artinya, setelah eksekusi riil PN Langsa maka otomatis langsung adanya peralihan pengelolaan dari Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa (YDBUL) ke YDBU sebagai pihak yang sah secara hukum.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved