Tembakan Salvo Iringi Pemakaman Adi, Kapolri Serahkan Bantuan Rp 75 Juta

Editor: bakri
Petugas melepaskan tembakan salvo saat pemakaman Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio di TP Pahlawan, Aceh Tamiang. Senin (27/9/2021).

KUALASIMPANG - Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio yang gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua dikebumikan di Taman Pemakaman (TP) Pahlawan, Karangbaru, Aceh Tamiang, Senin (27/9/2021) siang.

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer dengan iringan tembakan salvo yang dilakukan oleh personel Brimob Aramiah, Birem Bayeun, Aceh Timur.

Ratusan warga ikut hadir menyaksikan, berbaur dengan keluarga dan unsur Forkopimda Aceh Tamiang yang sejak pagi sudah memadati rumah orang tua almarhum.

Pemakaman itu dilakukan tidak berselang lama setelah jenazah putra ketiga dari empat bersaudara ini tiba di kampung halamannya.

Jenazah pria yang akrab disapa Adi ini dipulangkan melalui Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara, dan tiba di rumah orangtuanya sekira pukul 10.50 WIB.

Kepulangan jenazah langsung disambut isak tangis keluarga, tak terkecuali abang almarhum, Praka Rahmat Syahputra yang bertugas di Yon 413 Kostrad Solo.

Datok Penghulu Kampung Johar, Abdul Muluk mengatakan, almarhum Adi merupakan sosok bersahabat yang selalu menegur lebih dahulu terhadap orang yang lebih tua.

"Selama dia tinggal di kampung ini, tidak ada tindakan negatif, anaknya memang ramah," katanya.

Wadansat Brimob Polda Aceh, AKBP Beridiansyah yang menjadi komandan upacara menyatakan, korban orang baik dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan tugas.

Meski berduka, di berharap seluruh keluarga yang ditinggalkan tetap tabah.

Halaman
123