PT PLN Sedang Benahi Listrik di Aceh

GM PT PLN Wilayah I Aceh, Ir Sulaiman Daud mengimbau, pelanggan listrik di Aceh bersabar, gangguan listrik pembangkit di Belawan, sedang dibenahi..

Pembenahan Listrik Sedang Dilakukan                                 

Laporan : Yarmen Dinamika

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - General Manager PT PLN Wilayah I Aceh, Ir Sulaiman Daud mengimbau para pelanggan listrik di Aceh untuk bersabar sejenak, karena gangguan listrik dari pembangkit di Belawan, Sumatera Utara, kini sedang dalam tahap pembenahan.

Pasokan listrik akan normal kembali, apabila pembangkit-pembangkit besar seperti di Pangkalan Susu (Sumut) dan PLTU Nagan Raya, mulai  berfungsi sebagaimana direncanakan.  "Salah satu pembangkit di PLTU Nagan Raya mulai berfungsi normal pada April, sedangkan yang satu lagi, pada Agustus tahun ini. Sekarang sedang dalam fase commissioning. Dayanya 2 x 100 Megawatt," ujarnya menjawab Serambi per telepon, Rabu (27/3/2013) malam.

Saat berfungsi nanti, PLTU Nagan tersebut akan mampu menyuplai tambahan arus listrik mulai dari Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya sendiri, sampai Aceh Barat Daya. Namun, pembangkit di Pangkalan Susu yang akan menambah daya dari Aceh Tamiang hingga Banda Aceh, berfungsinya masih agak lama, karena kini sedang dalam fase konstruksi. Paling cepat, pada tahun 2014, baru berfungsi dan diharapkan ikut mengatrol kuantitas dan kontinuitas suplai arus listrik ke sebagian wilayah Aceh.                   

Pas-pasan

Sulaiman Daud menyebutkan, ketersediaan arus listrik di pembangkit Belawan masih pas-pasan. Jadi, begitu terjadi gangguan, sistemnya langsung  black out. Sekarang, kondisi inilah yang sedang diatasi, antara lain, dengan menambah pembangkit berskala besar di Pangkalan Susu, mengoperasikan PLTU Nagan Raya, dan menambah sejumlah gardu induk (GI) di Banda Aceh.

Editor: Jalimin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved