Blangko STNK Kosong

Stok blangko Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), blangko Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan pelat aluminium

BANDA ACEH - Stok blangko Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), blangko Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), dan pelat aluminium sepeda motor BL di seluruh kantor samsat di Aceh bulan ini dalam keadaan kosong.

Menurut informasi dari Kantor Samsat Lamteumen, Banda Aceh, hal itu terjadi karena Mabes Polri sampai minggu ketiga bulan April 2013 belum juga mengirimkan bahan material yang dibutuhkan itu ke Polda Aceh.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Drs Unggul Sedyantoro MSi yang dikonfirmasi Serambi, Kamis (18/4), di ruang kerjanya mengakui bahwa stok blangko STNK, BPKP, dan pelat aluminium untuk plat BL sepeda motor, di Kantor Samsat, sudah habis.

Di Kantor Samsat Banda Aceh, stok blangko STNK itu malah sudah habis sejak Selasa (16/4) lalu. Kondisi ini melanda seluruh kantor samsat yang ada di kabupaten/kota di luar Banda Aceh. Begitu juga blangko BPKP dan pelat aluminium khususnya untuk pelat BL sepeda motor. Tapi pelat aluminium untuk BL kendaraan roda empat atau lebih, stoknya masih ada. Itu pun tinggal sedikit lagi.

Kekosongan blangko STNK, BPKB, dan pelat aluminium untuk pelat nomor polisi kendaraan bermotor, ungkap Unggul, tidak hanya terjadi di Aceh, tapi juga di beberapa provinsi lainnya. Bahkan, ada beberapa daerah karena permintaan kendaraan roda dua dan roda empatnya sangat tinggi, sehingga stok blangko STNK, BPKP, maupun pelat aluminium nomor polisinya sudah habis sejak Januari 2013.

Menurut Unggul, pengadaan bahan material kelengkapan administrasi kendaraan bermotor itu dilakukan terpusat di Mabes Polri. Sebelumnya pengadaan blangko STNK, BPKB, dan lainnya itu, bisa dilakukan dengan cara penunjukan. Tapi kini harus melalui tender bebas.

Tahapan pengadaan bahan-bahan material kendaraan bermotor tersebut, menurut penjelasan pihak Mabes Polri, kata Unggul, saat ini sudah sampai pada tahap penetapan pemenang tendernya.

Pihak pusat memperkirakan, pengiriman blangko STNK, BPKB, dan material lainnya itu ke kantor samsat di daerah baru akan normal lagi pada Agustus mendatang.

Untuk mengatasi habisnya stok blangko STNK dan BPKB itu, kepada pemilik kendaraan baru maupun yang memperpanjang STNK lima tahunan, kata Unggul, Mabes Polri telah memberi petunjuk ke Polda se-Indonesia, termasuk Aceh, untuk terbitkan STNK dan BPKB sementara.

Petunjuk dan kebijakan yang diperintahkan Mabes Polri kepada Polda di seluruh Indonesia untuk mengatasi habisnya blangko STNK dan BPKB itu, kata Unggul, sudah dia laksanakan. Antara lain dengan memasang pengumuman mengenai telah habisnya blangko STNK dan BPKB di kantor-kantor samsat di kabupaten/kota dan menggantinya dengan STNK maupun BPKB sementara.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: bakri
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help