• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Serambi Indonesia

Bawaslu Segera Panwaslu Kabupaten

Sabtu, 18 Mei 2013 15:23 WIB
BANDA ACEH - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Aceh dalam waktu dekat ini akan segera merekut panitia pengawas pemilu (panwaslu) kabupaten/kota se-Aceh. Saat ini, Bawaslu sedang dalam tahap merekrut tim seleksi (timsel) yang akan bertugas untuk menjaring dan menyaring calon anggota panwaslu.

“Perekrutan timsel itu sekarang dalam tahap identifikasi,” ungkap unsur Pimpinan Bawaslu Aceh Zuraida Alwi menjawab Serambi, di Banda Aceh, Jumat (17/5).

Ia menyebutkan, proses perekrutan dan penetapan timsel merupakan keputusan Bawaslu Provinsi sebagaimana diatur dalam Peraturan Bawaslu Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pembentukan, Pemberhentian, dan Penggantian antarwaktu Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan, Pengawas Pemilihan Umum Lapangan, dan Pengawas Pemilihan Umum Luar Negeri.

Anggota timsel yang akan direkrut Bawaslu berjumlah lima orang. Kelima anggota timsel terpilih tersebut akan dibagi menjadi tiga tim dan setiap tim akan dikirim ke tiga regional (daerah) untuk menjalankan tugasnya melakukan penjaringan dan penyaringan calon anggota tim panwaslu kabupaten/kota sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 10 Pasal 12 Tahun 2012. (Lihat, tahapan tugas timsel)

“Dalam tahap identifikasi Bawaslu Aceh akan memeriksa berkas persyaratan calon timsel. Syarat penting yang harus dimiliki timsel itu adalah memiliki pengetahuan tentang sistem penyelenggaraan dan pengawasan pemilu, memiliki integritas, tidak pernah menjadi anggota partai sekurang-kurangnya dalam lima tahun terakhir dan itu dinyatakan secara tertulis. Selain itu masih ada syarat lain yang harus dipenuhi calon timsel,” terang Zuraida.

Setelah proses perekrutan selesai, Bawaslu Aceh akan segera meng-SKkan anggota timsel terpilih. Ia mengatakan, masa tugas timsel bersifat adhoc (sementara) terhitung sejak dikeluarkan SK sampai menyerahkan enam nama calon panwaslu di setiap kabupaten/kota, ke Bawaslu Aceh.(sr)  

tahapan tugas timsel Panwaslu Kabupaten/Kota:

* Pengumuman pendaftaran
* Pendaftaran dan penerimaan berkas
* Penelitian administrasi
* Pengumuman bakal calon yang lulus penelitian administrasi
* Penerimaan tanggapan dan masukan masyarakat dan pemeriksaan atas tanggapan dan masukan masyarakat
* Pelaksanaan tes wawancara
* Pengumuman hasil nama calon anggota Panwaslu yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test)

Soal Anggaran, Dikomunikasikan ke Pusat

SEMENTARA proses perekrutan timsel Panwaslu Kabupaten/Kota sedang berlangsung, Bawaslu Aceh pekan depan berencana membahas masalah anggaran dengan Bawaslu Pusat.

Ketua Bawaslu Aceh Asqalani mengatakan pihaknya akan melakukan kooordinasi dengan Bawaslu Pusat terkait dikeluarkannya surat Bawaslu tentang perubahan jumlah porsi anggaran yang disediakan untuk setiap Bawaslu Provinsi di seluruh Indonesia pada 15 Mei 2013.

“Karena perubahan anggaran ini berlaku nasional, Bawaslu Aceh perlu melakukan komunikasi dengan Bawaslu Pusat agar anggaran pelaksanaan Pemilu yang disediakan untuk Aceh jelas,” ujar Asqalani.

Setelah melakukan koordinasi dengan Bawaslu Pusat, kata dia, Bawaslu Aceh akan mengSK-kan timsel yang sedang dalam proses perekrutan dan dijadwalkan selesai dalam pekan depan.

“Jadi begitu perubahan anggaran bagi beberapa komponen kegiatan terkait pelaksanaan Pemilu jelas, kami sudah bisa menggunakan dana tersebut. Sehingga timsel pun nantinya sudah bisa langsung melakukan perekrutan tim Panwaslu,” terang Asqalani.(sr)
Editor: hasyim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
194663 articles 16 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas