341 Polisi Antiteror Sudah Disebar

Sebanyak 341 polisi perlawanan antiteror (Wanteror) dari Markas Besar Kepolisian Republik Indionesia (Mabes Polri) sudah tiba di lokasi

341 Polisi Antiteror Sudah Disebar
KAPOLRES Aceh Utara AKBP Gatot Sujono menyalami personel Bantuan Kendali Operasi (BKO) Brimob Markas Besar Polisi RI (Mabes Polri), Senin (31/4) usai apel penerimaan di Mapolres Aceh Utara.

BANDA ACEH - Sebanyak 341 polisi perlawanan antiteror (Wanteror) dari Markas Besar Kepolisian Republik Indionesia (Mabes Polri) sudah tiba di lokasi tugas, yaitu di Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Aceh Barat. Pasukan tambahan ini bertugas hingga selesainya seluruh proses tahapan pemilu di Aceh.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Gustav mengatakan, pasukan ini ikut mengamankan seluruh proses pemilu mulai saat ini, termasuk ketika pemungutan suara pada 9 April 2014 hingga selesainya seluruh proses pesta demokrasi ini.

“Mereka merupakan pasukan tambahan di samping sudah ada 2/3 atau 9.000 lebih personel organik jajaran Polda Aceh yang siap mengamankan pemilu,” kata Kabid Humas menjawab Serambi kemarin.

Pasukan perlawanan antiteror dan gegana yang dikirim Mabes Polri tiba di Lhokseumawe, Minggu (30/3) sekitar pukul 21.00 WIB. Tim yang berjumlah 12 personel ini akan membantu proses pengamanan Pemilu di wilayah hukum Polres Lhokseumawe.

Kapolres Lhokseumawe, AKBP Joko Surachmanto, Senin (31/3), mengatakan, pasukan ini akan ditempatkan di Polres Lhokseumawe. “Mereka akan terus kita libatkan pada setiap kegiatan dalam upaya menciptakan ketertiban, kondisi damai, dan aman bagi masyarakat,” demikian AKBP Joko Surachmanto.

Kapolres Bireuen, AKBP M Ali Khadafi SIK kepada Serambi, Senin (31/3) mengatakan, Polres Bireuen mendapat tambahan pasukan berupa 31 anggota TNI dari Kodim 0111/Bireuen dan 120 polisi dari Mabes Polri Resimen 82. Mereka akan mengamankan situasi dan kelancaran pemilu mendatang. 

“Seluruh pasukan tambahan yang masuk ke Polres Bireuen minggu kemarin disebar ke seluruh kecamatan untuk membantu tim pengamanan yang sudah duluan ke Bireuen,” katanya. Selain itu, dalam waktu dekat Polres Bireuen akan menerima lagi pasukan tambahan dari Polda Aceh sebanyak 176 orang.

Seluruh tim pengamanan yang sudah berada di Bireuen, selain bertugas di kecamatan, juga melakukan patroli siang dan malam, terutama ke desa-desa yang dianggap rawan keamanan.

Dalam kesempatan itu, Kapolres yang didampingi Kasat Reskrim AKP Jatmiko SH mengharapkan masyarakat tetap menjaga diri dan tidak ada yang memprovokasi, melakukan hal-hal yang merugikan dan merusak keamanan. Kemudian, berilah kesempatan kepada rakyat untuk memilih sesuai dengan hati nuraninya.

“Jangan ada paksaan atau intimidasi. Kami tidak segan-segan menindak siapa pun yang membuat kekacauan serta pihak-pihak yang mencoba melakukan perbuatan kriminal,” ujar Kapolres.

Ia tambahkan, seluruh petugas yang telah disebar pada H-2 atau masa tenang,  akan masuk lagi ke desa-desa sebagai pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) serta pengamanan lainnya. (sal/yus/bah)       

Tags
Pemilu
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved