Hari Ini, Mendikbud Lantik Apridar Jadi Rektor Unimal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Mohammad Nuh DEA akan melantik Prof Dr Apridar MSi

BANDA ACEH - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof Dr Mohammad Nuh DEA akan melantik Prof Dr Apridar MSi (47) sebagai Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara untuk periode kedua pada hari ini, Selasa (14/10) pukul 17.00 WIB di Jakarta.

Informasi mengenai pelantikan itu diperoleh Serambi dari Kepala Humas Unimal, H Mohd Heikal SE, Senin (13/10) siang, via telepon setelah ia mendapat kabar dari Prof Apridar yang baru saja menerima pemberitahuan tentang pelantikan itu dari Kemendikbud RI.

Segera setelah mendapat informasi tersebut, Apridar bersama istri kemarin siang langsung bertolak ke Jakarta. Ikut ke Jakarta untuk menghadiri pelantikan itu adalah para pembantu rektor dan para dekan di lingkungan Unimal. Bupati dan Muspida Aceh Utara serta Wali Kota dan Muspida Kota Lhokseumawe juga ikut menghadiri pelantikan itu. Malah Adnan Ganto, Penasihat Panglima TNI, juga menyatakan akan hadir dalam kapasitasnya sebagai Dewan Pertimbangan Unimal.

Berdasarkan pemberitahuan resmi dari pihak Kemendikbud kemarin, kata Mohd Heikal, pelantikan dilaksanakan di Gedung D lantai 2 (Gedung Dikti) Kemendikbud RI, Jalan Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat.

Sebagaimana diberitakan terdahulu, Apridar pertama kali dilantik menjadi rektor di Unimal pada 15 Oktober 2010. Kemudian, pada pemilihan rektor tanggal 24 Juni 2014, Apridar terpilih lagi sebagai rektor untuk periode kedua (2014-2018) dengan meraih 33 suara. Sedangkan kandidat lainnya, Dr Sulaiman SH MHum dari Fakultas Hukum meraih sembilan suara dan Dr Ir Wesli MT dari Fakultas Teknik Unimal mendapat tiga suara. Empat suara lainnya waktu itu dinyatakan tidak sah, dua lagi abstain.

Apridar yang menamatkan S1 hingga S3 di Universitas Syiah Kuala, pada 27 Juli 2014 resmi menyandang jabatan Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi di Unimal, berdasarkan Keputusan Mendikbud RI Nomor: 97418/A4.3/KP/2014 tanggal 30 Juni 2014.

Pria kelahiran Lhokseumawe 13 April 1967 ini, merupakan putra ketiga dari alamarhum Abdurrahman Puteh dan Hj Dawiyah Abdullah MAg yang memulai kariernya sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Unimal sejak tahun 1995. Kemudian ia terpilih sebagai Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan tahun 1996 dan tahun 1999 dipercaya sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Unimal.

Belum habis masa jabatan sebagai dekan, Apridar diminta menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan periode 2002-2006 dan pada tahun 2006-2010 dipercaya pula sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unimal. Saat menjabat Ketua Lemlit dan Pengabdian kepada Masyarat Unimal itulah suami Rita Meutia ini terpilih pertama kali menjadi rektor. (dik)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Tags
Unimal
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved