2.488 Warga Malaysia Melancong ke Aceh

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Aceh pada bulan

* Arus Kunjungan September 2014

BANDA ACEH - Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Aceh pada bulan September 2014 sebanyak 2.928 orang, mengalami peningkatan sebesar 53,06 persen dibandingkan kedatangan pada Agustus 2014 dan mengalami peningkatan sebesar 134,80 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Berdasarkan data yang dihimpun BPS, secara kumulatif, pencapaian jumlah masuknya wisman Januari-September 2014 meningkat sebesar  94,26 persen terhadap periode yang sama pada tahun 2013.

Kepala BPS Aceh, Hermanto, Selasa (4/10) mengatakan, wisman dari Malaysia yang melancong ke Aceh pada bulan September 2013 sebanyak 2.488 orang, disusul Thailand (63), Prancis (39), Jerman (33), dan Australia sebanyak 32 orang. Bila dilihat dari jumlah wisman menurut wilayah, maka bulan September 2014 wisman terbanyak berasal dari negera-negara ASEAN berjumlah 2.583 orang, disusul oleh negara Eropa sebanyak 166 orang, dan Asia (tanpa ASEAN) sebanyak 92 orang. “Banyaknya kunjungan wisman pada bulan September juga berpengaruh pada tingkat hunian hotel di bulan itu. Dimana tingkat hunian hotel September lalu sebesar 52,93 persen mengalami peningkatan sebesar 4,8 poin dibandingkan Agustus 2014,” sebut Hermanto.

Secara rata-rata, katanya, lama menginap tamu pada hotel berbintang  bulan September kata Hermanto hampir sama dengan bulan Agustus. “Namun, kami mencatat, rata-rata lama menginap tamu asing pada hotel berbintang lebih tinggi dibandingkan tamu nusantara,” imbuhnya. Disebutkan, tamu asing rata-rata menginap di hotel berbintang mencapai 5,31 hari sedangkan tamu nusantara hanya 2,13 hari saja.

Hermanto juga menyebutkan, kunjungan wisman yang mengalami peningkatan di bulan September itu dapat dibuktikan dari jumlah penumpang internasional yang datang ke Aceh melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) pada bulan September sebanyak 5.317 orang. Jumlah kedatangan ini mengalami peningkatan sebesar 5,48 persen jika dibandingkan Agustus 2014, juga terjadi peningkatan terhadap September 2013 yaitu sebesar 18,56 persen.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi kepada Serambi, Selasa (4/11) mengatakan, even-even menarik yang digelar pemerintah maupun swasta memberi pengaruh pada peningkatan jumlah wisman yang datang ke Aceh. “Kondisi keamanan Aceh yang kondusif semakin dilirik. Wisatawan mancanegara menjadikan Aceh sebagai destinasi wisata bagi mereka,” ujar Reza Pahlevi. Ia mencontohkan, Malaysia tertarik ke Aceh karena banyaknya wisata religi, zikir bersama, tausyiah yang digelar di masjid-masjid dan tempat-tempat sejarah ulama Aceh,” ungkapnya.

Menurut Reza, pengaruh even-even menarik di Aceh sudah terlihat sejak tahun 2011 ketika digelar even Visit Aceh, Visit Banda  Aceh kemudian even-even yang digelar pihak swasta. “Biasanya, wisman yang pernah datang, akan kembali lagi dengan membawa kelompok atau komunitasnya. Bahkan mereka bisa datang bergelombang-gelombang ke Aceh,” imbuh Reza.

Selain itu, kata Reza, informasi melalui sosial media juga sangat mempengaruhi untuk kunjungan wisman ke Aceh. Buktinya banyak komunitas seperti komunitas motor, mobil atau lainnya mereka menjadikan Aceh sebagai destinasi pertualangan mereka. Reza mengatakan, pada bulan Desember merupakan puncak arus kunjungan wisaman. “Kunjungn wisman akhir tahun ini diperkirakan lebih tinggi, menjelang peringatan 10 tahun tsunami Aceh,” ujar Reza.

Memperingati 10 tsunami Aceh kali, katanya, akan mengundang perwakilan negara-negara yang membantu Aceh pada masa rehab-rekon pascatsunami. “Hingga saat ini, sudah menerima konfirmasi dari 12 negara yang bersedia datang pada peringatan 10 tahun tsunami Aceh,” ujar Reza Pahlevi.(avi)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved