Malaka Anugerahi Gubernur Zaini Gelar Kehormatan Tertinggi

Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah menerima anugerah Darjah Utama Negeri Malaka dan berhak mendapat gelar

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah menerima anugerah Darjah Utama Negeri Malaka dan berhak mendapat gelar ‘Datuk Seri’, sedangkan istrinya, Ny Niazah A Hamid mendapat gelar ‘Datin Seri’.

Gelar kehormatan tersebut diserahkan oleh Yang Dipertuan Negeri Malaka, Tuan Yang Terutama Tun Datuk Seri Utama Mohd Khalil bin Yaakob dalam sebuah sidang istimewa di Gedung Dewan Seri Negeri, Malaka, Malaysia, Sabtu (15/11) pagi.

Gelar kebesaran ini merupakan derajat (darjah) tertinggi di Negeri Malaka yang diberikan kepada tokoh yang berdomisili di Negeri Malaka, atau negeri lainnya di Malaysia, maupun kepada tokoh serantau lainnya. Selain berhak menyandang gelar “Datuk Seri” kepada Doto Zaini juga diberikan kalung, selempang, dan lencana yang terbuat dari emas murni.

Untuk tahun ini, anugerah Darjah Utama Negeri Malaka, selain diberikan kepada Gubernur Aceh juga diberikan kepada Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Hisyamuddin Tun Hussein.

Penganugerahan itu disaksikan oleh Ketua Menteri Malaka, Datuk Wira Ir H Idris bin Harun, Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Malaka, Tan Seri Mohd Ali Rustam, Menteri Pembangunan Wilayah Persekutuan, Datuk Seri Tengku Adnan Mansor, salah seorang menteri di kabinet Dato Seri Mohd Nazib Tun Razak (Perdana Menteri Malaysia sekarang) yang berdarah Aceh, serta ribuan tamu undangan lainya yang memadati Gedung Dewan Negeri Malaka. Sedangkan dari Aceh turut diundang istri Doto Zaini, Ny Niazah A Hamid, M Adli Abdullah MCL, pemerhati dan pegiat hubungan Aceh-Malaka, serta Drs Aidi Kamal, Pengurus DMDI Aceh.

Seusai penganugerahan gelar kehormatan tersebut, Gubernur Zaini mengatakan sangat terharu atas penganugerahan gelar tertinggi kepadanya maupun kepada Datuk Seri Hisyamuddin Tun Hussein, Menteri Pertahanan Malaysia.

“Anugerah ini bukan sekadar menerima kalung, selempang, dan lencana emas, tapi jauh dari itu yang lebih penting lagi adalah kerja sama Aceh Malaysia dan Indonesia pada umumnya. Khususnya dengan Negeri Malaka perlu ditingkatkan hubungan bilateral di bidang budaya, pendidikan, dan ekonomi. Konon lagi Aceh tengah berbenah untuk menjadi salah satu kawasan investasi di wilayah Asean,” kata Zaini seperti disampaikan M Adli Abdullah kepada Serambi dari Malaka tadi malam.

Menurut Zaini, beberapa pengusaha Malaysia juga sudah mengembangkan usahanya dalam berbagai sektor di Aceh, baik itu di bidang perkebunan maupun perikanan, dan sebagainya. “Sebagai tuan rumah, kami wajib bertanggung jawab menjaga keamanan investasi yang ada di Aceh,” tegas Zaini Abdullah.

Sebagai seorang Wakil Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), Zaini bertekad untuk menjadikan Aceh sebagai pilar penting dalam pengenbangan tamadun Islam dan peradaban Melayu, mengingat Aceh pernah menjadi pintu masuk Islam dan pengembangan peradaban Melayu di Nusantara.

Tahun 2013, Zaini juga pernah menerima anugerah tertinggi “Tun Perak” versi DMDI. Ia merupakan putra Aceh kedua yang menerima gelar “Datuk Seri” dari Kerajaan Malaka. Sebelumnya, gelar serupa pernah diberikan kepada Prof Ali Hasjmy, mantan gubernur Aceh yang pernah memimpin Lembaga Adat dan Kebudayaan Aceh (LAKA) serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Aceh.

Sehari sebelum penganugerahan gelar kehormatan itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah dijamu makan malam di kediaman resmi Ketua Menteri, Seri Bendahara Malaka, Jumat (14/11) malam.

Dalam jamuan makan malam itu, Zaini Abdullah mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Negeri Malaka yang telah banyak membantu Aceh pascatsunami. Ia juga mengundang Ketua Menteri Malaka untuk hadir pada peringatan sepuluh tahun tsunami yang akan dilaksanakan 26 Desember 2014 di Banda Aceh.

Dalam jamuan makan itu kedua belah pihak sepakat meningkatkan kerja sama di bidang budaya dan pemahaman sejarah, sehingga generasi muda di dua negeri ini semakin sadar akan pentingnya hubungan baik antara Aceh dan Malaka. (dik)

Kunjungi juga :
www.serambinewstv.com | www.menatapaceh.com |
www.serambifm.com | www.prohaba.co |

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved