KKA Usul Dana Rp 950 M ke Pusat

PT Kertas Kraft Aceh (KKA) tahun ini mengusulkan dana Rp 950 miliar ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

* Untuk Hidupkan Kembali Pabrik Kertas

LHOKSUKON - PT Kertas Kraft Aceh (KKA) tahun ini mengusulkan dana Rp 950 miliar ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menghidupkan kembali pabrik kertas milik perusahaan itu. Pabrik yang berada di Desa Jamuan, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara itu sudah berhenti operasionalnya sejak tahun 2007.

Humas PT KKA, Bustami kepada Serambi, Selasa (4/8) mengatakan dana sebesar itu rencananya akan digunakan untuk melakukan rekondisi pabrik, konversi bahan bakar gas ke batubara, dan peningkatan kualitas produk sebesar Rp 750 miliar, serta modal awal operasional pabrik Rp 200 miliar.

Jika usulan itu disetujui Pusat, menurut Bustami, dibutuhkan waktu dua tahun untuk merekondisi pabrik. Sebab, pabrik tersebut sudah lama tidak beroperasi, sehingga dibutuhkan banyak perbaikan. “Bahan baku yang tersedia saat ini masih mencukupi untuk kebutuhan pabrik. Sebab, hutan pinus di Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues masih sangat luas,” ujar Bustami.

Ketua Komisi B DPRK Aceh Utara, Fauzi saat mengunjungi pabrik mengatakan peluang pabrik yang memproduksi kertas kantong semen itu dihidupkan kembali sangat besar. Sebab, saat ini pabrik semen ada di Sumatera Selatan, Padang, dan Aceh. “Jadi, kita harap Pemerintah Aceh dapat berkerja keras menghidupkan kembali pabrik ini, termasuk melobi Presiden Jokowi,” harapnya.(mr)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved