DPRA Setuju Dipertahankan

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk Muharuddin mengatakan, pada prinsipnya dewan setuju Perusahaan

BANDA ACEH - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Tgk Muharuddin mengatakan, pada prinsipnya dewan setuju Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) tetap dipertahankan, dengan beberapa alasan yang telah disampaikan Tim Penasihat Ekonomi Gubernur Aceh, Adnan Ganto.

Tapi, bagaimana dengan perusahaan lainnya yang telah dibentuk dan mendapat penyertaan modal dari Pemerintah Aceh melalui PDPA, seperti yang dilakukan tiga tahun lalu. Yakni, melakukan akuisisi atau membeli PT Aviasi Upata Raksa Indonesia (AURI), sebuah perusahaan yang bergerak dalam sekolah pilot di Pulau Jawa.

Melalui PDPA, Pemerintah Aceh telah membeli PT AURI senilai Rp 6,969 miliar. “Yang menjadi pertanyaan kita, setelah pembelian pada tahun 2011, sampai kini belum ada tanda-tanda sekolah pilot itu beroperasi. Sementara fasilitas gedung sekolahnya sudah dibangun di kawasan Bandara Blang Bintang, Aceh Besar,” ujar Muharuddin.

DPRA, kata Muharuddin, sangat mengharapkan program sekolah penerbangan yang telah direncanakan Pemerintah Aceh, sebelumnya pada masa Gubernur Irwandi Yusuf itu, bisa terwujud di masa Pemerintahan Gubernur Zaini Abdullah sekarang ini.

DPRA juga sangat berharap, anggaran senilai Rp 6,9 miliar yang telah dikeluarkan untuk membeli sekolah penerbangan dari Pulau Jawa itu, tidak jadi sia-sia, melainkan memberikan manfaat bagi anak-anak Aceh untuk menjadi pilot profesional di kemudian hari.

Tiga unit pesawat latih kecilnya yang dibeli dari dana sekitar Rp 6,9 miliar itu saat ini memang ada terparkir di lapangan parkir Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda. Tepatnya, di sebelah kanan dekat gudang barang.

Pesawat latih itu sudah ada di situ hampir tiga tahun lalu. “Tapi kenapa sekolah penerbangan dan pilotnya belum kelihatan? Aktivitas pelatihan penerbangan bagi siswa pilotnya pun belum terlihat dalam dua tahun terakhir,” kata Muharuddin bernada heran. (her)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved