Droe Keu Droe

Qanun WN adalah Turunan UUPA dan MoU Helsinki

SENATOR Aceh, Ghazali Abbas Adan, dalam rapat kerja Komite IV DPD RI dengan Derjen Bina Keuangan

SENATOR Aceh, Ghazali Abbas Adan, dalam rapat kerja Komite IV DPD RI dengan Derjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri dan Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Senin (7/3), meminta pihak Kemendagri dan Kemenkeu mengoreksi/mengaudit penggunaan keuangan Lembaga Wali Nanggroe (Serambi, 8/3/2016).

Pemerintah Aceh tentunya kecewa dengan pendapat Ghazali Abbas bahwa alokasi dana Lembaga Wali Nanggroe (LWN) ilegal, dengan alasan Qanun LWN belum disahkan oleh Kemendagri. Dalam hal ini, Ghazali telah mendegradasikan satu hak/kewenangan pemerintah Aceh dalam pengesahan qanun amanah UU No.11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA).

Kemudian, tudingan ilegal itu tentunya bertentangan dengan Pasal 96 ayat (4) UUPA, Qanun No.8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe sebagaimana telah diubah dengan Qanun No.9 Tahun 2013 merupakan turunan UUPA. Pusat/Kemendagri hanya berhak mengoreksi pasal-pasal qanun jika bertentangan dengan UU, termasuk UU ini.

Pengesahan Qanun Wali Nanggroe juga dikuatkan oleh asas-asas hukum yang diterima secara universal yaitu: (1) asas lex specialis derogate legi generale (ketentuan hukum yang khusus diutamakan dari pada ketentuan hukum yang umum); (2) asas pacta sunt servanda (asas bahwa hakim atau pihak ketiga harus menghormati substansi kontrak/perjanjian yang dibuat oleh para pihak dengan itikad baik atau good faith).

Dalam hal ini Qanun Wali Nanggroe merupakan satu turunan UUPA dan amanah angka 1.1.7. MoU Helsinki 15 Agustus 2005. Demikian, mudah-mudahan Ghazali Abbas Adan dapat lebih giat lagi memperjuangkan hak-hak Aceh di Pusat, bukan malah menuding keabsahan hak pemerintah Aceh dalam pengesahan Qanun Aceh.

Muhammad Yani, S.Ag, MA.Hk
Peneliti tentang Eksistensi Wali Nanggroe Aceh.Email: muha_yani73@yahoo.com

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved