Digagas IKA Unsyiah Jakarta, Rumah Sakit Kontainer Segera Hadir di Pidie Jaya

Sementara selama diinapkan di tenda darurat yang kini hampir sebulan, kondisinya sangat panas

Digagas IKA Unsyiah Jakarta, Rumah Sakit Kontainer Segera Hadir di Pidie Jaya
SERAMBI/NUR NIHAYATI
PASIEN rawat inap di Ruang Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Abdullah Syafii Beureuenun, Pidie tidur di lorong karena tidak tertampung di dalam kamar, Jumat (23/12). SERAMBI/NUR NIHAYATI 

Laporan Abdullah Gani I Pidie Jaya

SERAMBINEWS,COM.MEUREUDU-Menyusul terjadinya kerusakan berat bahkan beberapa gedung terutama ruang inap pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya hancur akibat gempa yang terjadi beberapa pekan lalu, kini dalam waktu dekat akan dibangun Rumah Sakit Kontainer.

Pengadaan fasilitas yang dinilai mendesak mengingat selama ini semua pasien ditempatkan pada tenda dan lorong RSUD, digagas Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsyiah yang kini bermukim di Jakarta  kerjasama dengan IKA-Unsyiah Aceh.

Kepastian RS Konteiner itu secepatnya dibangun, setelah tim IKA-Unsyiah Jakarta dipimpin Ismail Rasyid SE didampingi Ketua IKA-Unsyiah Aceh, Drs H Sulaiman Abda, menemui Wakil Bupati (Wabup) Pijay, H Said Mulyadi SE, MSi di kediamannya Pendapa Dua di Meureudu, Minggu (1/1) siang.

Kedua pihak menyepakati, bahwa Konteiner dimaksud dipasang di komplek RSUD yang ada sekarang ini.

Pihak IKA Jakarta hanya menyediakan fasilitas bangunan (Kontainer) hingga siap pakai, sementara pemkab setempat menyiapkan lahan atau lokasi serta beberapa fasilitas pendukung lainnya hingga bangunan itu difungsikan.

Ketua IKA-Unsyiah Aceh, Sulaiman Abda, yang dihubungi Serambinews.com dari Pijay melalui ponselnya, Senin (2/1) menyebutkan, untuk merampungkan rencana tersebut, Minggu (1/1) malam telah duduk bersama dengan instansi terkait di Banda Aceh.

Yaitu, Rektor Unsyiah, Kadikes Aceh, Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah, IKA Kedokteran Unsyiah serta Kadinkes Pidie Jaya.

Kadinkes Pijay, Said Abdullah SH menjawab Serambinews,com mengatakan, pembangunan RS Konteiner direncanakan paling lambat minggu kedua bulan ini.

Karenanya, pemkab Pijay sejak sekarang terus melakukan persiapan tempat yang berada persis dalam komplek RSUD Pijay. Lokasi yang telah ditimbun itu, lanjut Said Abdullah, dalam minggu ini juga dicor untuk tapak bangunan dimaksud didirkan.

Menyangkut dengan fasilitas lainnya seperti instalasi listrik, air, tempat tidur pasien hingga tenaga dokter plus para medis/perawat, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemkab Pijay.

Jika fasilitas tersebut rampung, maka semua pasien inap serta kegiatan lainnya yang sejak musibah gempa menempati tenda serta sejumlah lorong akan dipindahkan ke ruang Kontainer yang juga full ac atau pendingin.

Sementara selama diinapkan di tenda darurat yang kini hampir sebulan, kondisinya sangat panas sehingga harus menggunakan kipas angin.

Wabup Pijay, Said Mulyadi, mendukung sepenuhnya atas inisiatif IKA Unsyiah Jakarta dan Aceh yang telah berusaha menghadirkan RS Kontainer di wilayahnya. “Atas nama pemkab dan masyarakat, kami mengucapkan terima kasih banyak,’ imbuh Wabup Pijay.(*)   

Penulis: Idris Ismail
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved