Pilkada 2017

KIP Singkil Buka Kota Suara di Enam Kecamatan

“(KIP membuka kota suara) untuk pemenuhan alat bukti dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi,”

KIP Singkil Buka Kota Suara di Enam Kecamatan
SERAMBINEWS.COM/DEDE ROSADI
Petugas KIP Aceh Singkil, Sabtu (18/3/2017) membuka kota suara untuk mengambil alat bukti dalam menghadapi sidang di MK. 

Laporan Dede Rosadi | Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Singkil, membuka kotak suara, di enam kecamatan, Sabtu (18/3/2017) sore.

Pembukaan tong suara disaksikan Komisoner Panwaslih serta pihak terkait lainnya.

Hal itu dilakukan untuk mengambil alat bukti dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan agenda jawaban terhadap pemohon pasangan calon bupati/wakil bupati Aceh Singkil, nomor urut 1 Safriadi-Sariman, Senin (20/3/2017) mendatang.

“(KIP membuka kota suara) untuk pemenuhan alat bukti dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi,” kata Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Dharma dikonfirmasi melalui layanan whatsApp sekitar pukul 19.00 WIB.

Sebelumnya Dodi komisoner KIP Aceh Singkil, menyatakan, pembukaan kota suara sesuai dengan PKPU  nomor 11 tahun 2015 pasal 71 ayat 1 dalam menjawab gugatan di MK dapat membuka kotak suara untuk mengambil alat bukti. Sebab alat bukti tersebut berada dalam kotak suara.

Selain itu menurut Dodi, pihaknya sudah mendapat arahan dari KPU RI. Bahwa jawaban KIP tidak hanya fokus pada selisih perolehan suara Pilkada Aceh Singkil, sebagai syarat mengajukan gugatan ke MK.

“Tetapi KIP diarahkan memberikan jawaban yang disampaikan penggugat. Untuk menyiapkan jawaban karena datanya ada dalam kotak suara, makanya dibuka,” ujar Dodi.

Kota suara yang dibuka masing-masing di Kecamatan Singkil, Singkil Utara, Singkohor, Suro, Gunung Meriah dan Simpang Kanan. Itu pun tidak semua kotak suara di TPS. Tong suara yang dibuka hanya yang berkaitan dengan gugatan saja.

Untuk diketahui pasangan peraih suara terbanyak dua dalam Pilkada Aceh Singkil, Safriadi-Sariman, mengajukan gugatan ke MK. Berdasarkan hasil rekapitulasi KIP pasangan nomor urut 1 itu meraih 23.352 suara, sedangkan peraih suara terbanyak Dulmusrid-Sazali dengan 26.000 suara. (*)

Penulis: Dede Rosadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help