SerambiIndonesia/

Para Ahli Menyebut Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un Orang yang Rasional

Prof Andrei Lankov dari Universitas Kookmin di Seoul mengatakan kepada BBC:"Dia merupakan orang yang sangat rasional.

Para Ahli Menyebut Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un Orang yang Rasional
Getty Image
Kim Jong Un 

SERAMBINEWS.COM -- Apakah Kim Jong-un rasional? Duta besar AS untuk PBB yang baru berpikir dia tidak rasional. Nikki Haley mengatakan setelah Korea Utara melakukan uji coba rudal balistik secara simultan:"Ini bukan seorang yang rasional." Tetapi apakah dia benar?

Kim Jong-un mungkin memiliki banyak kelemahan. Dia tanpa diragukan lagi merupakan orang yang kejam - kerabatnya berduka karena menjadi korban rezimnya, termasuk di dalam keluarganya sendiri, akan bersaksi tentang hal itu.

Dia mungkin telah menjalankan kebijakan ekonomi yang membuat masyarakatnya hidup dengan sebuah standar di bawah Korea Selatan dan Cina yang semakin meningkat.

Dan dia tampaknya memiliki masalah personal, seperti makan terlalu bamyak - sejumlah foto menunjukkan dia menggemuk - dan merupakan seorang perokok berat.

Tetapi apapun kegagalan dan kelemahan itu, apakah dia sebenarnya irasional - yang dalam Kamis Bahasa Inggris Oxdord didefisinikan sebagai "tidak logis atau masuk akal, tidak diberkati dengan kekuatan akal"?

Tak tampil tujuh bulan, istri Kim Jong-un dikhawatirkan 'disingkirkan'

Para ahli yang mempelajari dirinya berpikir dia berperilaku sangat rasional, meski dengan menyingkirkan dan meneror mereka yang berada di sekitarnya. Prof Andrei Lankov dari Universitas Kookmin di Seoul mengatakan kepada BBC:"Dia merupakan orang yang sangat rasional .

Dia kadang berlebihan. Dia seringkali cenderung untuk melakukan pemaksaan yang berlebihan. Mengapa membunuh ratusan jenderal ketika puluhan yang akan melakukannya?

"Sebagian besar orang yang dia bunuh tidak akan pernah bergabung dengan sebuah konspirasi tetapi dia merasa lebih baik melakukannya. Lebih baik membunuh sembilan jenderal yang loyal dan satu orang yang pontensial menjadi konspirator dibandingkan membiarkan seorang konspirator untuk bertahan hidup.

"Tetapi dia rasional."

Halaman
1234
Editor: Yusmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help