Teluk Nibung, Pesona Alam yang Masih Perawan

HAMPARAN laut di depan pemukiman penduduk Teluk Nibung, begitu tenang, terlindungi daratan yang menjorok

Teluk Nibung, Pesona Alam yang Masih Perawan
Warga berjalan di pantai Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singki 

HAMPARAN laut di depan pemukiman penduduk Teluk Nibung, begitu tenang, terlindungi daratan yang menjorok sebagai perisai keganasan ombak Samudra Hindia. Di sebelah kiri pemukiman penduduk deretan pohon kelapa menghiasi pasir putih bersih yang sangat lembut. Selain tenang, air laut juga dangkal, sangat cocok untuk tempat melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

“Air lautnya sangat tenang, masih jarang ada turis datang karena belum banyak yang tahu,” kata Ali Hasmy, pemerhati wisata di Aceh Singkil yang memandu Serambi berkunjung ke pulau yang memiliki bukit-bukit kecil beraneka pepohonan itu, awal Maret lalu. Tak terbantahkan lagi, Teluk Nibung yang terletak di Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil menyajikan pesona alam nan indah yang masih perawan.

Kejernihan airnya bagai cermin yang dapat meneropong jelas kawanan ikan kecil saat perahu kayu dengan mesin pemotong rumput memasuki perairan Desa Teluk Nibung. Sesekali kawanan ikan itu tampak melopat ke permukaan air laut biru tosca yang membentuk cekungang menyambut pengunjung. Bukan hanya hamparan pasir putih serta ketenangan air laut.

Teluk Nibung juga memiliki alam yang berbeda di banding pulau lain di Kepulauan Banyak. Selain itu, di lokasi Teluk Nibung juga terdapat deretan bukit menjulang dipenuhi pepohonan. Dari atas bukit yang sebagian sudah ditanami cengkeh berusia puluhan tahun itu, hamparan air laut warna-warni di antara deretan pulau memanjakan mata. Di balik pemukiman penduduk Teluk Nibung, terdapat juga lokasi wisata Ujung Batu. Batu-batu karang membentuk rupa-rupa unik kian memberi nuansa berbeda bagai memasuki peradaban masa lalu.

Sayangnya, untuk menuju Teluk Nibung dari Pulau Balai, ibukota Pulau Banyak, Aceh Singkil, hanya dapat ditempuh melalui jalur laut menggunakan perahu nelayan. Sebab jembatan serta jalan penghubung kedua pulau itu belum rampung. Kondisi itulah menyebabkan pesona alam Teluk Nibung yang masih dapat dijangkau jaringan telepon tetap perawan, tak terjamah wisatawan.

Untuk menuju Teluk Nibung dari Singkil, bisa ditempuh menggunakan feri atau perahu kayu barang sekitar empat jam via Pulau Balai. Selanjutnya dari Pulau Balai ke Teluk Nibung, bisa menyewa perahu nelayan. Apabila suatu saat Anda berlibur, datanglah ke Pulau Banyak dan menikmati panorama alam Teluk Nibung, yang masih perawan.(dede rosadi)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help