Harga Daging Meugang di Abdya Rp 180.000 Per Kg

Prosesi penyembelihan ternak meugang Idul Fitri 1438 H di Kabupaten Abdya, seperti biasa dipusatkan di tiga titik lokasi.

Harga Daging Meugang di Abdya Rp 180.000 Per Kg
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Warga Kabupaten Abdya dalam jumlah besar memadati lokasi penyembelihan hewan ternak meugang di bantaran Sungai (Krueng) Beukah, Kecamatan Blangpidie untuk membeli daging pada hari meugang menyambut Idul Fitri 1438 H/2017 M yang dilaksanakan, Sabtu (24/6/2017). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Hari meugang atau uroe makmeugang menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah/2017 M di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilaksanakan Sabtu (24/6/2017).

Meugang adalah tradisi menyambut Idul Fitri, Idul Adha dan Ramadhan, ditandai kegiatan penyembelihan ternak kerbau dan sapi oleh para pedagang untuk memenuhi permintaan daging yang meningkat.

Prosesi penyembelihan ternak meugang Idul Fitri 1438 H di Kabupaten Abdya, seperti biasa dipusatkan di tiga titik lokasi.

Pantauan Serambinews.com, harga daging kerbau dan sapi yang dijual pedagang di lokasi penyembelihan bantaran aliran Sungai Krueng Beukah, Kecamatan Blangpidie rata-rata Rp 180.000 per Kilogram.

Daging meugang dengan tingkat harga yang sama dijual di lokasi penyembelihan bantaran aliran Sungai (Krueng) Babahrot, Kecamatan Babahrot.

Akan halnya di lokasi penyembelihan ternak di Lapangan Teungku Peukan Manggeng, Kecamatan Manggeng harga daging yang dilepas pedagang Rp 180.000 per Kg.

Dari tingga titik lokasi pemotongan ternak tersebut, ternak kerbau dan sapi yang banyak disembelih di bantaran Krueng Beukah, Blangpidie, diperkirakan lebih 100 ekor.

Di Lapangan Teungku Peukan Manggeng sekitar 28 ekor. Puluhan ternak lainnya disembelih di bantaran Sungai Babahrot.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Abdya, Muslim Hasan, bahwa ternak kerbau dan sapi yang disebelih oleh para pedagang untuk memenuhi permintaan daging pada hari meugang bisa mencapai lebih dari 200 ekor ternak di tiga lokasi penyembelihan, Krueng Beukah Blangpidie, Krueng Babahrot dan Lapangan Teungku Peukan Manggeng.

Soal harga daging yang relatif mahal, menurut Muslim Hasan, berdasarkan informasi diperoleh dari sejumlah pedagang karena harga ternak kerbau dan sapi di pasaran masih mahal.

Harga ternak kerbau berkisar antara Rp 18 juta sampai 25 juta per ekor. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help