SerambiIndonesia/

Darwati Panen Perdana Udang Vaname di Pijay

Istri Gubernur Aceh, Darwati A Gani melakukan panen perdana udang vaname yang dibudidayakan

Darwati Panen Perdana Udang Vaname di Pijay
ISTRI Gubernur Aceh, Darwati A Gani melakukan panen raya perdana udang vaname yang dibudidayakan masyarakat Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya, Senin (17/7) 

BANDA ACEH - Istri Gubernur Aceh, Darwati A Gani melakukan panen perdana udang vaname yang dibudidayakan masyarakat Kecamatan Bandarbaru, Pidie Jaya (Pijay), Senin (17/7). Kegiatan tersebut dilakukan Darwati di sela-sela mendampingi suaminya, Gubernur Irwandi Yusuf melantik Bupati dan Wakil Bupati Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) dan Fahlullah TM Daud ST.

Informasi yang diterima Serambi menyebutkan, Darwati melakukan panen raya udang vaname di Gampong Cut Njoeng, Kecamatan Bandarbaru, Pijay. Tambak yang dikelola kelompok Saweu Gampong itu di bawah binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Aceh.

“Hasil panen perdana yang dilakukan Bu Dar (istri Gubernur Aceh) mencapai 6 ton/hektare,” lapor Hanifah, seorang anggota tim yang mendampingi kunjungan kerja Ketua TP PKK Aceh, Darwati A Gani ke Pijay, kemarin.

Udang vaname (Lithopenaeus vannamei) merupakan jenis udang introduksi dari Amerika Selatan yang banyak dibudidayakan di Indonesia sejak akhir 90-an untuk menggantikan udang windu (Penaeus monodon) yang sudah sulit dibudidayakan karena serangan virus white spot.

Udang vaname memiliki banyak keunggulan dibanding udang lainnya, seperti responsif terhadap pakan dengan kadar protein 25-30% (lebih rendah dari udang windu), kemampuan adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan suhu rendah, adaptasi terhadap perubahan salinitas (khususnya pada salinitas tinggi), laju pertumbuhan yang relatif cepat pada bulan ke-1 dan ke-2, angka kehidupan (survival rate/SR) tinggi, dapat ditebar dengan kepadatan tinggi karena hidupnya mengisi kolom air bukan di dasar saja, dan yang lebih penting serapan pasar luas, mulai dari ukuran 10 hingga 25 gram per ekor.

Dari beberapa referensi menyebutkan tiap hektare tambak dapat menghasilkan vaname 1,5 ton selama 8 bulan produksi. Udang jenis ini semakin banyak dibudidayakan petani tambak di Aceh. (sal)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help