SerambiIndonesia/

Horee, Harga Mobil Baru di Aceh Segera Turun

Penurunan harga kendaraan bermotor baru di Aceh ini terjadi seiring turunnya Bea Balik Nama Pajak Kendaraan Bermotor (BBN-PKB)

Horee, Harga Mobil Baru di Aceh Segera Turun
SERAMBI/ M ANSHAR
MOBIL jamaah mulai terparkir di Basement Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (22/8). Basement itu mampu menampung 250 mobil dan 350 sepeda motor.SERAMBI/ M ANSHAR 

Laporan Muhammad Nur | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Harga kendaraan roda dua dan empat baru di Aceh akan segera turun, dari jutaan sampai puluhan juta per unit, dalam waktu dekat ini

Penurunan harga kendaraan bermotor baru di Aceh ini terjadi seiring turunnya Bea Balik Nama Pajak Kendaraan Bermotor (BBN-PKB), dari 13 persen menjadi 10 persen.

Hal itu tertuang dalam sebuah Rancangan Qanun (Raqan) tentang perubahan Qanun Aceh No 13 tahun 2012 tentang pajak Aceh.

Selama ini, sebagian warga Aceh masih membeli mobil di Medan, karena pajak kendaraan baru lebih murah 3 persen dibandingkan Aceh, sehingga dana mengalir ke Sumatera Utara.

Baca: Baru Diluncurkan, Mitsubishi Xpander Bakal Punya ‘Saudara Kandung’ Berlabel Nissan

Bayangkan, jika BNPKB satu mobil sebesar Rp 30 juta rupiah, maka berapa dana yang dimanfaatkan Provinsi Sumut atas 100 unit mobil yang dibeli warga Aceh di Medan setiap bulan.

Herizal SE AK, Kepala Cabang PT Astra Daihatsu Banda Aceh sempat menyampaikan keheranannya atas lambannya Pemerintah Aceh menanggapi turunnya BNPKB Sumut dari 15 persen menjadi 10 persen beberapa tahun lalu.

"Saat kita 13 persen, Satlantas di Medan keheranan, kenapa sangat sedikit warga Aceh yang membeli mobil di Medan," katanya pada satu kesempatan.

Dia menambahkan, Pemrov Sumut tidak perlu lama untuk merubah BNPKB menjadi 10 persen, sehingga warga Aceh kembali ramai membeli mobil di Medan.

Halaman
123
Penulis: M Nur Pakar
Editor: Zaenal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help