20 Tim Ikut Pra-PORA Arung Jeram di Mane

Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) cabang arung jeram digelar di aliran sungai Geumpang Gampong

20 Tim Ikut Pra-PORA Arung Jeram di Mane
BUPATI Pidie, Roni Ahmad (Abusyik) membuka Pra-PORA cabang arung jeram di aliran krueng Geumpang, Gampong Lutueng, Kecamatan Mane, Senin (18/9). 

SIGLI - Prakualifikasi Pekan Olahraga Aceh (Pra-PORA) cabang arung jeram digelar di aliran sungai Geumpang Gampong Lutueng Kecamatan Mane, Pidie, Senin (18/9). Even ini dibuka Bupati Pidie, Roni Ahmad atau Abusyik diikuti 20 tim dari 13 kabupaten/kota.

Ketua KONI Pidie, Samsul Bahri kepada Serambi, Senin (18/9) mengatakan, Pra-PORA arung jeram dilaksanakan di aliran sungai di Kecamatan Mane, diikuti 13 tim putra dan 7 tim putri mewakili 13 daerah. Cabang tersebut memperebutkan peringkat 8 besar PORA 2018 di Aceh Besar.

Pra-PORA diikuti Gayo Lues, Aceh Timur, Abdya, Bener Meriah, Aceh Utara, Langsa, Aceh Utara, Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Besar, Banda Aceh, Pidie Jaya dan Pidie. Untuk nomor lomba yang dipertandingkan meliputi sprint, slalom, head to head, down river dan race.

“Dipilihnya Pidie sebagai tuan rumah arung jeram untuk memperkenalkan aliran sungai di Mane nantinya menjadi distinasi wisata, terutama kunjungan wisatawan lokal. Aliran sungai itu sangat mendukung untuk ajang menguji keberanian atlet arung jeram,” lapornya.

Ketua Panitia, Hasballah kepada Serambi kemarin mengatakan, ia meminta kepada peserta arung jeram supaya menjaga keselamatan selama mengikuti olahraga tersebut. Sebab, olahraga itu sangat ekstrem, di mana peserta harus melawan arus deras sungai dan berhadapan dengan batu besar. Apalagi peserta yang ikut arung jeram itu didominasi wajah baru. “Keselamatan paling penting yang harus menjadi prioritas utama bagi peserta,” ujarnya.

Hasballah menambahkan, potensi sungai di Kecamatan Mane sangat strategis untuk digelar arung jeram. Untuk itu, Pemkab Pidie harus mendukung olahraga tersebut dalam rangka mengembangkan objek wisata. Sehingga, ke depan Pidie pantas untuk menggelar perlombaan arung jeram.(naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help