Sekolah Bantuan Pembaca Serambi Diresmikan

Harian Serambi Indonesia bersama Tribun Group dan Radio Sonora telah merampungkan pembangunan

Sekolah Bantuan Pembaca Serambi Diresmikan
PEMIMPIN Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar bersama Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas, Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanuredjo, Pemimpin Perusahaan Harian Serambi Indonesia, Mohd Din, dan Redaktur Pelaksana, Yarmen Dinamika meninjau gedung baru SDN Langien, Pidie Jaya, yang dibangun menggunakan sumbangan pembaca Serambi Indonesia, Tribun Group, dan pendengar Radio Sonora Jakarta, seusai diresmikan Rabu (27/9). 

* Juga Dua Bangunan Yayasan DKK

MEUREUDU - Harian Serambi Indonesia bersama Tribun Group dan Radio Sonora telah merampungkan pembangunan dan rehab gedung SD Negeri Langien, Leungputu, Pidie Jaya (Pijay) yang rusak akibat gempa Desember tahun lalu. Rehab dan bangun baru gedung sekolah tersebut dimulai 13 Maret 2017, rampung 9 Agustus, dan diresmikan pemakaiannya, Rabu (27/9) kemarin oleh Bupati Pijay, diwakiliki Asisten I Setdakab Pijay, Drs H Ridwan M Ali MPd.

Bersamaan dengan itu diresmikan pula pemakaian SDN Masjid, Kecamatan Trienggadeng, dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Gampong Paru, Kecamatan Bandar Baru, Pijay yang rusak akibat gempa kemudian dibangun kembali oleh Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) menggunakan sumbangan para pembaca Harian Kompas.

Peresmian tiga bangunan itu dilaksanakan di dua tempat, masing-masing di SDN Langien, Bandar Baru dan di Gampong Masjid, Kecamatan Trienggadeng, Pijay. Di Gampong Masjid inilah dilakukan penandatanganan prasasti ketiga bangunan tersebut oleh Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Budiman Tanurejo, Direktur Utama PT Aceh Media Grafika/Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar, dan Bupati Pidie Jaya, H Aiyub Abbas.

Hadir dalam acara penandatanganan prasasti tersebut, antara lain, Ketua Yayasan DKK Rusdi Amral, Koordinator DKK A Edy Sutedja, Legal Officer DKK, Frans Lakasaro, Pimpinan Perusahaan Serambi Indonesia Mohd Din, Station Manager Radio Sonora Jakarta, Anton Wahyudi, Wakil Bupati Pijay, Said Mulyadi MSi, Kepala Dinas Pendidikan Pijay, Saiful Rasyid MPD, Safri selaku kontraktor dari CV Alfhas Konstruksi, dan ratusan tamu undangan.

Sementara di SDN Langien, hadir Muspika Bandar Dua (Luengputu), mukim, dan tokoh ulama setempat, serta kepala sekolah, dewan guru, dan seluruh murid SDN Langien. Dari pihak Serambi hadir juga Redaktur Pelaksana Yarmen Dinamika, Manajer PSDM Erlizar Rusli MH, Manajer Promosi Muhammad Jakfar, dan Manajer Sirkulasi Saiful.

Seremoni peresmian Gedung SDN Langien kemarin diawali dengan penyerahan fisik gedung oleh pimpinan proyek (pimpro) Yarmen Dinamika yang juga Redpel Harian Serambi Indonesia kepada Asisten I Setdakab Pijay, Ridwan M Ali MPd. Lalu Ridwan M Ali meresmikannya atas nama Bupati Pijay, ditandai dengan pengguntingan pita di depan pintu salah satu ruang kelas baru SD yang bermurid 71 orang itu.

Yarmen melaporkan bahwa SD Langien yang diresmikan kemarin terdiri atas tiga ruang kelas baru (RKB) dan satu pustaka. Sebelumnya, bangunan itu hancur total akibat gempa. Juga direhab tiga ruang kelas dan satu kantor kepala sekolah/dewan guru yang sebelumnya rusak ringan, serta enam kamar mandi dan WC. Luas bangunan gedung baru mencapai 335 m2. Sedangkan luas bangunan gedung yang direhab 223 m2. Juga dibangun pagar sekeliling sekolah dan halaman depannya dipasangi paving block. Seluruhnya menelan biaya Rp 1.396.645.000. Dana itu bersumber dari sumbangan pembaca Harian Serambi Indonesia dan Tribun Group, serta pendengar Radio Sonora Jakarta.

Sementara itu, di Gampong Masjid, Kecamatan Trienggadeng, Pemred Kompas, Budiman Tanurejo mengatakan, momen peresmian gedung SDN Masjid Trienggadeng dan Pustu Gampong Paru, serta SDN Langien Luengputu ini bertepatan dengan hari ulang tahun ke-86 Yacob Oetama, pendiri dan mantan pemimpin umum Harian Kompas.

“Yayasan DKK yang dibentuk sejak 1982 senantiasa berkiprah memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Termasuk kepada masyarakat Pidie Jaya yang terimbas gempa akhir tahun lalu, berupa pembangunan dan rehab gedung pendidikan dan satu pustu. Ini terwujud atas dukungan penuh sumbangan pembaca Kompas. Termasuk telah kita lakukan operasi katarak terhadap 87 warga Pijay,” sebutnya sembari mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada para penyumbang dana kemanusiaan Kompas.

Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia, H Sjamsul Kahar dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyumbang melalui Serambi, Tribun Group, dan Radio Sonora dana kemanusiaan untuk disalurkan kepada korban gempa di Pijay dalam bentuk pembanguna SDN Langien yang rusak diguncang gempa.

Secara khusus, Sjamsul Kahar menitipkan kepada warga, pendidik, dan paramedis di wilayah itu agar fasilitas gedung sekolah dan pustu tersebut terus dirawat dan dijaga kebersihannya, sehingga bisa dimanfaatkan dalam jangka panjang.

Bupati Pijay, H Aiyub Abbas, mengatakan, Pemkab Pijay sangat beterima kasih atas kepedulin penuh dan sumbangsih yang sangat besar dari Yayasan Dana Kemanusian Kompas (DKK), Harian Serambi Indonesia, Tribun Group, dan Radio Sonora untuk merealisasikan pembangunan dan rehab tiga bangunan yang kini terlihat kokoh dan megah itu.

“Ini semua terwujud berkat kepedulian dan solidaritas sesama anak bangsa terhadap kami di Pidie Jaya yang mengalami bencana gempa bumi akhir tahun lalu. Terima kasih sekali lagi karena telah membantu meringankan beban kami yang ditimpa musibah,” ujarnya. (dik/c43/naz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved