Edarkan Uang Palsu, Pria yang Mengaku Saudara Kapolresta Banda Aceh Ini Ditangkap

Ada cerita menarik saat penangkapan, pria asal Kabupaten Bireuen itu mengaku saudara dari Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin.

Edarkan Uang Palsu, Pria yang Mengaku Saudara Kapolresta Banda Aceh Ini Ditangkap
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Polisi memperlihatkan barang bukti dan tersangka kasus pembuatan uang palsu dalam konferensi pers di Polresta Banda Aceh, Senin (2/10/2017). 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Satuan Reskrim bersama Intelkam Polresta Banda Aceh menangkap tersangka pembuat sekaligus pengedar uang palsu berinisial AM (41), Jumat (29/9/2017) pagi di Jambo Tape, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh

Penangkapan itu berawal dari laporan warga, seminggu sebelumnya, yang menyebut ada seorang pria yang membeli BBM dengan uang palsu di SPBU Jeulingke. 

(Baca: Uang Palsu Juga Ditemukan di Bank BNI Subulussalam)

Ada cerita menarik saat penangkapan, pria asal Kabupaten Bireuen itu mengaku saudara dari Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol T Saladin. 

Polisi menerawang barang bukti uang palsu yang disita dari tersangka.
Polisi menerawang barang bukti uang palsu yang disita dari tersangka. (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

Bahkan dia menelepon T Saladin untuk dilepas karena merasa telah menjadi korban salah tangkap. Hal itu diungkapkan Kombes Pol T Saladin dalam konferensi pers di Polresta Banda Aceh, Senin (2/9/2017) siang.

“Dia telepon saya minta dilepas karena katanya saudara. Lalu saya tutup teleponnya dan menghubungi anggota di lapangan, Kadrop lajue (kamu tangkap terus),” kata Saladin menirukan percakapannya dengan petugas saat itu.

(Baca: Kakek 125 Tahun Divonis 6 Bulan Penjara karena Edarkan Uang Palsu)

Saladin menyebut, tersangka yang mengaku berprofesi sebagai kontraktor itu minta cepat dilepaskan karena sibuk dengan tender, namun hal itu tak digubris Kapolresta.

Uang palsu yang disita diperlihatkan dalam konferensi pers di Polresta Banda Aceh, Senin (2/10/2017).
Uang palsu yang disita diperlihatkan dalam konferensi pers di Polresta Banda Aceh, Senin (2/10/2017). (SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR)

AM yang sempat ditanyai terkait kedekatannya dengan Kapolresta hanya menjawab singkat.

Kon syara, tapi ureung gampong lon (bukan saudara, tapi, orang kampung saya),” ujar AM, disambut gelak tawa T Saladin bersama rekan pers yang hadir.

(Baca: Siram Blatter dengan uang palsu, Komedian Ini Akhirnya Ditahan)

Dari tersangka AM, petugas menyita sejumlah barang bukti yaitu empat lembar uang palsu pecahan Rp 50.000, satu Laptop merek Acer yang diduga untuk mengedit file, satu printer merek Canon Mp 237 untuk mencetak uang palsu, satu stempel, dua flashdisk, dan kartu identitas tersangka. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved