SerambiIndonesia/

Jokowi Tegaskan Tidak Pernah Sekalipun Mengeluarkan Izin untuk Proyek Reklamasi

Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya tidak pernah sekalipun mengeluarkan izin untuk proyek reklamasi Pantai Utara Jakarta.

Jokowi Tegaskan Tidak Pernah Sekalipun Mengeluarkan Izin untuk Proyek Reklamasi
TRIBUN/BIRO PERS
Presiden Joko Widodo mencoba kacamata hitam produk dalam negeri saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Halaman Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2017). Peringatan dengan konsep bernuansa anak muda yang diikuti sekitar 1.000 pemuda berprestasi dari berbagai daerah di Indonesia tersebut mengangkat tema "Kita Tidak Sama, Kita Kerja Sama". 

SERAMBINEWS.COM, BEKASI - Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya tidak pernah sekalipun mengeluarkan izin untuk proyek reklamasi Pantai Utara Jakarta.

“Ya saya sampaikan, saya sebagai Presiden tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi."

"Sebagai Gubernur, saya juga tidak pernah mengeluarkan izin untuk reklamasi."

"Sudah,” ujar Jokowi usai meninjau tambak di Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/11/2017).

Pernyataan Presiden tersebut ketika menanggapi pertanyaan mengenai Peraturan Gubernur Nomor 146 Tahun 2014 tentang Pedoman Teknis Membangun dan Pelayanan Perizinan dan Prasarana Reklamasi Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta bukanlah pemberian izin untuk reklamasi teluk Jakarta.

(Baca: Bertemu Jokowi, Anies-Sandi Tegaskan Komitmennya Tolak Reklamasi)

(Baca: Luhut Minta Anies-Sandi Tanggung Jawab Jika Jakarta Tenggelam karena Stop Reklamasi)

Banyak yang menganggap Pergub tersebut adalah bentuk izin yang dikeluarkan Jokowi, saat menjabat sebagai Gubernur DKI, untuk pelaksanaan proyek reklamasi.

Soal Pergub tersebut, Jokowi menegaskan bahwa aturan itu hanyalah petunjuk teknis bagaimana Pemprov DKI Jakarta apabila ingin memberikan izin reklamasi.

“Pergub itu kan pergub yang acuan petunjuk dalam rangka kalau kamu minta izin, gitu loh."

"Jangan di, bukan (izin) reklamasinya,” kata Jokowi.

“Kalau kamu minta izin, aturannya seperti apa. bukan kamu saya beri izin, kamu saya beri izin reklamasi, bukan itu,” kata Jokowi.  (Imanuel Nicolas Manafe)

Editor: faisal
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help