SerambiIndonesia/
Home »

Opini

Opini

Sail Sabang 2017 Siap Digelar

MENJADI kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat dan Pemerintah Aceh karena Sabang, Pulau Weh, satu kota

Sail Sabang 2017 Siap Digelar
ist
Launching Sail Sabang 2017 

(Harapan dan Tantangan Masa Depan)

Oleh Rahmadhani

MENJADI kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat dan Pemerintah Aceh karena Sabang, Pulau Weh, satu kota pemerintahan di Aceh terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sail Sabang 2017, sebuah persembahan atraksi wisata unik dan menarik perpaduan antara budaya daerah dan bahari.

Di-launching oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya yang juga dihadiri oleh Gubernur Aceh, Bapak Irwandi Yusuf pada 9 November 2017 lalu, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, Sail Sabang 2017 yang berlangsung pada 28 November - 5 Desember 2017 siap digelar. Puncak acara ini akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi dan rombongan para Menteri Kabinet Kerja pada 2 Desember 2017 di Container Terminal (CT) 3 Kota Sabang.

Sail Sabang 2017 adalah sail yang ke-9 setelah Sail Karimata 2016 yang digelar di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada 2016 lalu, dan pemilihan Sabang oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI sebagai lokasi utama penyelenggaraan sail berikutnya tidak tanpa alasan yang kuat.

Sabang yang terletak di Pulau Weh merupakan satu kota kepulauan di Aceh yang semakin memperkukuh dan mempercantik dirinya sebagai destinasi wisata bahari dunia di kawasan paling barat Republik Indonesia. Dikenal sebagai “surga terpendam di ujung Pulau Sumatera”, Sabang tidak hanya memiliki kekayaan dan keragaman pesona daya tarik wisata bahari dan budaya, tapi juga memiliki berbagai sejarah panjang yang turut memberi andil besar pada awal kemerdekaan RI di masa lalu.

Sail Sabang 2017 bukanlah satu-satunya event yang digelar oleh Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan kementerian/lembaga lainnya dalam mempromosikan pesona wisata Aceh. Sebaliknya, Sail Sabang 2017 akan menjadi atraksi wisata bahari terbesar menjelang pergantian tahun 2017, setelah serangkaian atraksi wisata unik dan menarik yang terangkum dalam Calendar of Event Aceh 2017 dan pelibatan komunitas di daerah berhasil digelar sepanjang 2017 ini.

Sesuai Nawacita
Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 dengan mengusung tema “Sabang sebagai Destinasi Wisata Bahari Internasional” sungguh tepat, sesuai dengan semangat Nawacita Presiden Republik Indonesia, Bapak Jokowi dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia dengan segala potensi bahari menuju kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Melalui Sail Sabang 2017 diharapkan menjadi penyemangat bagi semua dan momentum penting bagi Aceh untuk terus mendukung percepatan pembangunan Aceh melalui sektor budaya dan pariwisata, menjadikan Sabang sebagai pusat wisata bahari di bagian paling barat Republik Indonesia dan destinasi investasi, menempatkan Sabang sebagai peta destinasi wisata kapal layar (yacht) dan pesiar (cruise) internasional melalui pengembangan jalur Sabang, Phuket dan Langkawi atau (Saphula) sebagai strategi pengembangan kawasan wisata bersama regional leverage center, dan mendukung kebijakan pemerintah untuk mewujudkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2019 nanti.

Serangkaian atraksi wisata berbasis budaya dan bahari Aceh siap digelar selama penyelenggaraan Sail Sabang 2017 dalam rangka menghibur dan memberikan pengalaman wisata menarik kepada tamu dan wisatawan yang hadir meliputi Atraksi Wisata Diving, Lomba Menulis Blog, Lomba Photo dan Video Drone, Sepeda Santai, Sabang Wonderful dan Marine Expo, Pentas Wonderful Sabang, Parade Kapal Tradisional, Sabang Bazaar, Festival Kuah Beulangong, Festival Kopi dan Kuliner, Parade Budaya, Tarian Kolosal Laksamana Keumalahayati, Paramotor dan Aerobatic Show, Kunjungan Kapal Pesiar Islami, City Tour Sabang dan Banda Aceh, Kunjungan Kapal Bima Suci dan Dewa Ruci, Terjun Payung, Yacht Rally, dan sebagainya.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help