PDA dan SIRA Optimis Lolos

Dua partai lokal (parlok) yang sudah diverifikasi faktual oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh percaya

PDA dan SIRA Optimis Lolos
SERAMBINEWS.COM/MASRIZAL
Ketua KIP Aceh Ridwan Hadi bersalaman dengan Ketua Umum Partai Gram, Tarmidinsyah Abubakar, usai sidang sengketa Pemilu, Kamis (16/11/2017). 

* Menjadi Peserta Pemilu 2019

BANDA ACEH - Dua partai lokal (parlok) yang sudah diverifikasi faktual oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh percaya diri dan merasa yakin bisa lolos menjadi peserta Pemilu 2019. Kedua parlok tersebut adalah Partai Daerah Aceh (PDA) dan Partai SIRA.

Ketua DPP PDA, Tgk Jamaluddin Thayib MA mengatakan yakin bisa lolos verifikasi faktual. Keyakinan itu dilandasi oleh kesiapan partai yang memang sudah dijaga sejak masa pendaftaran. “Insya Allah PDA bisa lewat,” katanya kepada Serambi, Selasa (19/12).

Dia mengatakan bahwa dari hasil verifikasi faktual di tingkat DPP, tidak ditemukan kendala yang berarti yang bisa menghalangi partai ini. Begitu juga dengan DPW. “Dari DPW, informasi yang sudah masuk tidak ada persoalan,” katanya.

Jamaluddin mengatakan, pihaknya bisa memenuhi semua persyaratan yang disampaikan penyelenggara Pemilu. Mulai dari struktur kepengurusan partai, adanya 30 persen keterwakilan perempuan, dan alamat sekretariat atau kantor.

Ketua DPP Partai SIRA, Muhammad Nazar SAg juga mengaku partainya tidak menemukan persoalan dalam menghadapi verifikasi faktual. Jika pun ada, hanya persoalan kecil yang bisa diselesaikan segera oleh pengurus partai.

“Insya Allah kita optimis, karena kita sudah bekerja secara sistematis dan terorganisir, walaupun SIRA sebagai partai yang paling telat untuk mengikuti kembali dalam pentas politik lokal di Aceh dibandingkan partai lokal lain,” kata dia.

Dia menyatakan, dari beberapa DPW Partai SIRA yang sudah difaktual tidak ditemukan kendala. “Sejauh ini masih aman, karena dokumen yang kita masukan asli bukan fiktif. Misal saat mendaftar tidak ada, kita coret terus,” ujar mantan Wakil Gubernur Aceh ini.

Sebelumnya, KIP Aceh melakukan verifikasi faktual terhadap PDA dan Partai SIRA, Senin (18/12). Verifikasi itu dipimpin Ketua KIP Aceh bersama komisioner Bidang Hukum dan Pengawasan, Ridwan Hadi dan Junaidi serta staf dari Bawaslu Aceh.

Faktual itu dilakukan setelah KIP Aceh menetapkan empat parlok yang lulus verifikasi administrasi yaitu, Partai Daerah Aceh (PDA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Aceh (PA), dan Partai SIRA. Khusus PA tidak lagi dilakukan faktual karena melewati electoral threshold (ambang batas) pada pemilu sebelumnya.

Halaman
123
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved