Mahasiswa Aceh Raih Cumlaude

Amri Fatmi Anziz, mahasiswa asal Aceh berhasil meraih gelar doktor dengan predikat tertinggi ‘Summa Cumlaude’

Mahasiswa Aceh Raih Cumlaude
IST
Amri Fatmi Anziz, mahasiswa asal Aceh foto bersama penguji dan pembimbing usai menjalani sidang disertasi di Universitas Al-Azhar, Mesir, Sabtu (6/1/2018) waktu Mesir. Amri meraih doktor dengan predikat summa cumlaude, dan menjadi mahasiswa pertama asal Aceh yang meraih dokter bidang akidah dan filsafat di Al-Azhar. 

* Program Doktoral di Mesir

BANDA ACEH - Amri Fatmi Anziz, mahasiswa asal Aceh berhasil meraih gelar doktor dengan predikat tertinggi ‘Summa Cumlaude’ pada Fakultas Ushuluddin, Jurusan Akidah dan Filsafat, Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Putra seorang petani ini mempertahankan disertasinya berjudul ‘Kritik Ulama Al-Azhar Terhadap Pemikiran Materialisme Abad 20’ di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir, Sabtu (6/1).

Gelar Doktor resmi disematkan kepada Amri Fatmi, setelah melewati proses persidangan selama tiga jam. Sidang disertasi ini dipimpin langsung oleh pembimbing utama, Prof Dr Ahmad Thalaat Al-Ghannam dan Prof Dr Gamal Saad Mahmud Gum’ah. Amri berhasil menjawab semua pertanyaan yang diajukan penguji dengan cukup baik.

Hal itu disampaikan Amri Fatmi seusai sidang. Disertasinya yang berjudul asli “Mauqif Ulama Al-Azhar min Al-Fikri Al-Maddi Khilal Al-Qarni Al-’Isyriin Al-Miladi” mendapat apresiasi luar biasa dari penguji sidang, Prof D Ibrahim Abdul Syafi dan Prof Dr Hasan Muharram Al-Huwainy.

Bahkan, Prof Dr Ibrahim Abdul Syafi memuji Amri Fatmi dan tidak mengkritisi apapun dari isi disertasinya. “Al-Azhar sangat bangga dengan penelitian disertasi ini. Peneliti menggambarkan dengan detail pemikiran ulama Al-Azhar sepanjang abad 20 dalam menghalau materialisme,” kata Prof Dr Ibrahim Abdul Syafi.

“Saya mendapatkan motivasi dan kasih sayang dari guru-guru yang mendidik saya sejak sekolah dasar sampai kuliah. Betapapun saya tak juara di kelas dulu tapi tidak ada satu guru yang mematahkan semangat,” kata alumnus Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB) Aceh Besar itu.

Gelar Doktor yang diraih Amri Fatmi, menambah daftar mahasiswa Indonesia yang berhasil mengkhatamkan ilmu di Universitas Al-Azhar hingga tahap akhir. Tak banyak mahasiswa Indonesia yang berhasil meraih gelar Doktor di sini, dan Amri Fatmi termasuk mahasiswa gigih dalam meraih prestasi tersebut.

Pada bagian lain, Amri Fatmi sangat bersyukur atas hasil yang diperolehnya saat ini dan berterima kasih kepada semua pihak, terutama Lembaga Peningkatan Sumber Daya Manusia (LPSDM) Aceh. “Saya ucapkan terima kasih khususnya kepada lembaga LPSDM Aceh, yang memberikan beasiswa penuh kepada saya selama studi di Mesir,” akunya.

Menurut Amri, keinginan menyelesaikan studi tersebut bisa terlaksana berkat beasiswa penuh dari LPSDM Aceh. “Program ini sangat berguna bagi mahasiswa Aceh, yang menempuh jenjang pendidikan tinggi di belahan dunia mana pun,” tukasnya.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help