BPJS Kesehatan Tunggak Klaim Hingga 13 M

Akibat tertunggaknya pembayaran klaim BPJS Kesehatan selama 3 bulan hingga Desember 2017

BPJS Kesehatan Tunggak Klaim Hingga 13 M
id.wikipedia

* Operasional RSUD Langsa Terganggu

LANGSA - Akibat tertunggaknya pembayaran klaim BPJS Kesehatan selama 3 bulan hingga Desember 2017 yang mencapai 13 miliar rupiah, operasional dan pelayanan menyangkut penyediaan obat-obatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa pun terganggu.

Untuk menyediakan obat-obatan, pihak rumah sakit yang menjadi rujukan sejumlah daerah di pantai timur Aceh itu, harus berutang kepada penyedia obat.

Selain itu, dana operasional ambulans untuk merujuk pasien ke rumah sakit luar daerah, juga tersendat karena tak adanya uang di kas RSUD dimaksud. Sejumlah pasien pun sering terlambat dirujuk, akibat ketiadaan dana untuk operasional ambulans. Kemudian, uang makan dan minum pasien dan gaji tenaga medis pun terkendala akibat klaim belum dibayar pihak BPJS Kesehatan.

Saat ini, pihak rumah sakit juga tak bisa membayar rekanan yang telah selesai mengerjakan proyek-proyek fisik di RSUD Langsa, yang seharusnya wajib dilunasi di akhir tahun 2017. Kondisi keuangan yang macet ini sudah berlangsung sejak pertengahan tahun 2017 lalu, karena lambannya proses pencairan dana klaim pembayaran BPJS Kesehatan tersebut.

“Kami berharap segera adanya titik terang terkait proses pencairan klaim BPJS Kesehatan ini, agar pelayanan dan operasional rumah sakit ini bisa kembali normal,” kata Direktur RSUD Langsa, dr Fhardyani, Senin (8/1).

Staf Hukum Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Langsa, Chairunnisa, yang dikonfirmasi Serambi kemarin sore, mengatakan saat ini klaim pihak RSUD Langsa sedang dalam proses penjadwalan pembayaran oleh Kantor Pusat BPJS Kesehatan. “Saat ini kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut yang diharapkan bisa diputuskan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ungkapnya.

Sementara, Direktur RSUD Langsa, dr Fhardyani, mendapat penjelasan dari pihak BPJS Kesehatan bahwa tertunggaknya klaim ini karena adanya rasionalisasi anggaran BPJS Kesehatan dari Pusat.

“Kondisi tertunggaknya pencairan klaim BPJS Kesehatan ini terjadi terhadap seluruh rumah sakit di Indonesia. Menurut pihak BPJS Kesehatan, hal ini juga disebabkan anggaran tahun 2018 yang bersumber dari APBN, juga belum disahkan,” katanya mengutip penjelasan BPJS Langsa ke pihak RSUD setempat.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved