4 Pria Bersebo Rusak ATM BRI  

Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank BRI yang ditempatkan di bagian luar samping Swalayan Putra Jaya

4 Pria Bersebo Rusak ATM BRI   
Petugas kepolisian sedang melakukan olah TKP di mesin ATM Bank BRI Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Sabtu (13/1)

* Pelaku Gagal Kuras Uang

 BANDA ACEH - Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank BRI yang ditempatkan di bagian luar samping Swalayan Putra Jaya, Jalan Tgk Chik Dipineung Raya, Gampong Pineung, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Sabtu (13/1) dini hari, dirusak empat pria bersebo.

Meski pelaku gagal menggasak uang di dalam ATM tersebut, tapi bagian pintu brankas ATM tersebut rusak parah. Diduga para pelaku menggunakan alat las dalam menjalankan aksinya membongkar mesin yang berfungsi melayani nasabah bank mengambil uang dan mengecek rekening tabungan serta sejumlah proses lainnya tanpa harus dilayani seorang teller (manusia) itu.

Kapolresta Banda Aceh, AKBP Trisno Riyanto SH, melalui Kapolsek Syiah Kuala, AKP Asyhari Hendri SH MM, kepada Serambi mengatakan, kasus pengrusakan ATM BRI tersebut melibatkan empat pelaku mengenakan sebo (penutup wajah) dengan mengendarai sebuah mobil minibus, sekitar pukul 02.49 WIB.

Kasus pengrusakan ATM BRI yang terjadi dini hari itu, baru dilaporkan ke Mapolsek Syiah Kuala, sekitar pukul 07.00 WIB oleh Syahril (25) seorang pekerja di Swalayan Putra Jaya. Pelaporan itu, kata Asyhari, berawal saat seorang nasabah hendak melakukan transaksi di ATM tersebut.

Nasabah itu melihat ada yang tidak beres dengan kondisi mesin penarikan uang serta pengecekan rekening dan sejumlah proses tersebut. Hal itu terlihat dari bagian pintu brankas ATM yang menghitam, layaknya baru dirusak orang.

“Untuk menepis kecurigaan, nasabah itu sempat menanyakan kondisi ATM apa rusak kepada karyawan swalayan. Syahril, karyawan  swalayan, yang sedang membuka pintu swalayan langsung menuju ke ATM. Pasalnya, sehari sebelum kejadian, ATM Bank BRI diisi saldo,” kata Asyhari mengutip keterangan Syahril.

Melihat kondisi ATM BRI yang telah rusak, sehingga Syahril pun memutuskan melapor ke aparat kepolisian dengan menelpon petugas Bhabinkamtibmas Gampong Pineung, Aipda S Pardede. “Kami pun segera turun ke lapangan. Lalu berkoordinasi dengan Polresta dan Tim Identifikasi pun tiba setelah beberapa saat kami berada di TKP,” sebut Asyhari.

Kapolsek Syiah Kuala, AKP Asyhari Hendri SH MM, juga menjelaskan, dalam aksinya pelaku yang berjumlah empat orang dan mengenakan sebo menggunakan mobil sejenis Avanza, dimana bagian nomor polisi (nopol) di mobil tersebut telah ditutup.

“Pengrusakan ATM Bank BRI ini telah direncanakan. Selain keempat pelaku menggenakan sebo, para pelaku ini juga membawa mesin las dan membawa cat pilox,” kata Asyhari.

Cat pilox yang dibawa para pelaku langsung disemprotkan ke arah kamera CCTV yang berada di dekat mesin ATM BRI tersebut. “Itu dilakukan oleh pelaku yang duduk di sisi kiri depan. Hal itu terekam oleh kamera CCTV yang ada dalam mesin ATM sebelum disemprot dan kamera CCTV yang terpasang di swalayan. Hingga sejauh ini kasus itu masih dalam penyelidikan,” demikian AKP Asyhari.(mir)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help