Serentak Dengan 9 Kota Lainnya, Lintas Komunitas di Banda Aceh Tanam 1.000 Mangrove di Alue Naga  

Hadir dalam aksi di Alue Naga sejumlah komunitas di antaranya Komunitas Tsunami Aceh, Natural Aceh, Raon Adventure Club, dan masyarakat Alue Naga

Serentak Dengan 9 Kota Lainnya, Lintas Komunitas di Banda Aceh Tanam 1.000 Mangrove di Alue Naga   
Peserta dari lintas komunitas menanam mangrove di Alue Naga, Minggu (14/1/2018) 

Laporan Eddy Fitriady | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Lintas komunitas dan instansi di Banda Aceh melakukan penanaman 1.000 batang mangrove di tepi pantai Gampong Alue Naga, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (14/1/2018).

Kegiatan itu merupakan bagian dari aksi menanam 10 ribu mangrove serentak di 10 kota di Indonesia, yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

Hadir dalam aksi di Alue Naga sejumlah komunitas di antaranya Komunitas Tsunami Aceh, Natural Aceh, Raon Adventure Club, dan masyarakat Alue Naga.

Baca: Danramil Ulee Kareng dan Sejumlah Komunitas Tanam Seribu Mangrove di Alue Naga

Sedangkan beberapa instansi yang terlibat di antaranya TNI, Dinas LHK Aceh, BBTN Gunung Leuser, Unsyiah, dan UIN Ar-Raniry.  

Koordinator Kegiatan, Ali Totop Nasution SP mengatakan, sebanyak 1.000 mangrove yang ditanam di Alue Naga bertujuan untuk mengurangi dampak abrasi dan sebagai pemecah ombak.

Ditambahkan, mangrove juga berperan penting dalam mengurangi pencemaran udara dan rumah yang baik bagi ikan dan kepiting.

Baca: Dua Koruptor Proyek Mangrove Dijeblos ke Penjara

“Semoga masyarakat Alue Naga dapat menjaga ekosistem mangrove secara baik, mengingat manfaatnya yang besar bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Selain Banda Aceh, lanjutnya, ada sembilan kota lain yang melakukan aksi yang sama, di antaranya Makassar, Semarang, Padang, Surabaya, dan Medan.

Kegiatan tersebut semakin semarak dengan adanya live streaming dengan Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, pemerhati anak, Kak Seto, dan Duta Sahabat Anak Peduli Lingkungan, Jefri Nichol. (*)

Penulis: Eddy Fitriadi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved