SerambiIndonesia/

Polres Bener Meriah Tangkap Sindikat Penipuan Kupon Berhadiah

"Sudah empat tersangka kita tangkap, tiga orang di Jambi, dan satu orang lainnya di Ciamis, Jawa Barat,"

Polres Bener Meriah Tangkap Sindikat Penipuan Kupon Berhadiah
Awas penipuan. 

Laporan Muslim Arsani | Bener Meriah

SERAMBINEWS.COM, REDELONG - Pihak kepolisian Resor Bener Meriah berhasil menangkap sindikat penipuan jaringan nasional, dengan modus kupon berhadiah mobil HRV, didalam kotak minuman Teh Pucuk Harum, milik PT Mayora Indah TBK.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Bener Meriah, AKBP Fahmi Irwan Ramli, melalui Kasat Reskrim, AKP Suparwanto SH, saat menggelar konfrensi pers di Polres setempat, Selasa (30/1/2018).

"Sudah empat tersangka kita tangkap, tiga orang di Jambi, dan satu orang lainnya di Ciamis, Jawa Barat," katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sindikat ini terkuak saat seorang korban warga Simpang Utama, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, melapor atas kasus penipuan.

Baca: Telkomsel Imbau Waspadai Penipuan

Penipuan tersebut, lanjut ia, terjadi saat warga Bener Meriah mendapatkan sebuah kupon dalam kotak Teh Pucuk Harum, dimana disebutkan orang yang beruntung mendapatkan mobil HRV.

"Selanjutnya korban terayu dan langsung menghubungi nomor telepon yang tertera dalam kupon tersebut dan diterima oleh seseorang yang mengaku sebagai operator penerima hadiah, kemudian operator ini mengarahkan korban untuk menelpon pihak kepolisian Polda Metro Jaya bernama Kombes Agung Budi Santoso sebagai penanggung jawab hadiah," kata AKP Suparwanto, sebagai modus penipuan.

Tambahnya, "korban merasa yakin, sebab nama polisi tersebut juga tertera dalam kupon berhadian mobil," ungkaP Kasatreskrim ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, karena korban sudah merasa yakin mendapatkan sebuah mobil, operator kemudian mengatakan korban harus mengirimkan uang sebagai pengurusan administrasi surat-surat kendaraan dan biaya pajak.

Baca: Hati-Hati Transaksi Online, Banyak Korban Penipuan yang Mengadu ke Polisi

"Hadiah tersebut akan sampai bila uang tersebut telah dikirim terlebih dulu," katanya.

Akhirnya, sebut AKP Suparwanto, mengirimkan uang sebesar Rp 52.700.000, ke nomor rekening yang telah disampaikan oleh operator yang mengaku dari perusahaan Mayora Indah TBK.

Saat ini, dijelaskan keempat tersangka telah berhasil diringkus pihak Kepolisian Bener Meriah, mereka ditangkap di dua provinsi berbeda, yakni di Provinsi Jambi dan Provinsi Jawa Barat. (*)

Penulis: Muslim Arsani
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help