KIP Pijay Ajukan Penambahan Dapil

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya (Pijay) akan mengajukan kelayakan penambahan daerah pemilihan (dapil)

KIP Pijay Ajukan Penambahan Dapil
IST
KIP Pidie Jaya 

MEUREUEDU - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Pidie Jaya (Pijay) akan mengajukan kelayakan penambahan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

Pengajuan tersebut diputuskan setelah KIP menggelar uji publik terhadap penataan dapil yang berlangsung di Rumah Makan Blang Luah, Kecamatan Meureudu, Jumat (9/2) siang. Hadir para tokoh masyarakat dari delapan kecamatan, para camat, ketua partai politik, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), unsur pemerintah, serta dari DPRK.

Dalam uji publik tersebut, muncul usulan agar Dapil 1 dimekarkan, dimana Kecamatan Ulim tidak lagi masuk di dalamnya. Selama ini Dapil 1 meliputi tiga kecamatan, yakni Kecamatan Meureudu, Meurah Dua dan Ulim.

“Sementara sejumlah tokoh lainnya justru menginginkan agar Ulim tetap di Dapil 1,” ungkap Ketua KIP Pijay, Musman SH kepada Serambi.

Tolak tarik semakin alot sehingga KIP akhirnya turun tangan dengan memberi penjelasan bahwa dalam setiap pemekaran dapil, harus menganut prinsip kesetaraan suara, jumlah penduduk, intergritas wilayah, budaya daerah, serta kesinambungan.

Mangacu hal ini, maka dalam 1 dapil bisa mendapatkan 3 hingga 12 kursi di DPRK. Mengingat Dapil 1 terdiri dari 8 kursi, muncul usulan lain agar Dapil 1 dimekarkan dengan alasan Kecamatan Meureudu sendiri memiliki 4 kursi. Sedangkan Meurah Dua dan Ulim digabung menjadi satu dapil, dengan kuota empat kursi (masing-masing dua kursi).

Namun usulan ini ternyata tetap mendapat penolakan dari peserta mengingat anggota dewan dari Meureudu juga dipilih oleh warga Kecamatan Ulim.

“Atas permasalahan ini, kita akan mengajukan usulan ke KPU RI, terhadap layak tidaknya dilakukan pemekaran dapil untuk penataan dapil pada Pemilu 2019,” kata Musman.

Untuk diketahui, Kabupaten Pidie Jaya (Pijay) saat ini terdiri dari 4 dapil. Dapil 1 meliputi Meureudu, Meurah Dua dan Ulim, Dapil 2 meliputi Bandar Dua dan Jangka Buya, Dapil 3 meliputi Banda Barilu, dan Dapil 4 meliputi Trienggadeng dan Panteraja. (c43)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help