Wajib Pajak Diimbau Segera Lapor SPT

Pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banda Aceh mengimbau wajib pajak (WP) orang pribadi dan badan

Wajib Pajak Diimbau Segera Lapor SPT
SERAMBI/BUDI FATRIA
Karyawan PT Aceh Media Grafika (AMG) mengisi Surat Pajak Tahunan (SPT) secara online dengan fasilitas e-Filing di Kantor Harian Serambi Indonesia, di Meunasah Manyang Pagar Air, Ingin Jaya, Aceh Besar. SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Pihak Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Banda Aceh mengimbau wajib pajak (WP) orang pribadi dan badan untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) ke KPP tempat WP terdaftar atau e-filing melalui laman DJP online. Penyampaian SPT tahunan merupakan kewajiban setiap wajib pajak yang berfungsi sebagai sarana untuk melaporkan dan mempertanggungjawabkan penghitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang.

Kepala KPP Pratama Banda Aceh, Nurul Hidayat menyampaikan hal ini kepada Serambi, Rabu (21/2). Ia menyebutkan WP dapat menyampaikan SPT tahunannya melalui empat pilihan. Pertama, datang langsung ke KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) tempat WP akan menyampaikan SPT.

Kedua, e-filing melalui laman DJP online yaitu https://djponline.pajak.go.id atau penyedia layanan SPT elektronik yang sudah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Ketiga, dikirim melalui pos tercatat ke KPP tempat WP terdaftar. Dan keempat, dikirim melalui jasa ekspedisi atau kurir ke KPP tempat WP terdaftar. “WP orang pribadi dapat menyampaikan SPT tahunannya hingga batas waktu 31 Maret 2018 dan untuk WP badan sampai 30 April 2018,” kata Nurul Hidayat.

Ia menyebutkan hingga 21 Februari 2018 pukul 10.30 WIB, jumlah WP orang pribadi yang sudah melapor ke KPP Pratama Banda Aceh dengan wilayah kerja Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang dan Pidie 10.408 wajib pajak. Sedangkan badan 790 wajib pajak. “Wajib pajak dapat melapor SPT tahunannya dengan mengisi formulir SPT secara manual, mengisi SPT tahunan secara elektronik melalui aplikasi e-SPT, e-filing dan e-Form,” jelasnya.

Kepala KPP Pratama Banda Aceh, Nurul Hidayat juga mengimbau agar setiap WP melaporkan SPT tahunannya melalui e-filing karena lebih cepat, nyaman, dan aman. Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh WP untuk segera melaporkan SPT tahunan dan tidak perlu menunggu batas akhir. Hal itu dilakukan untuk menghindari membeludaknya antrean pelaporan.

Dikatakan, beberapa keutamaan e-filing, yaitu lebih cepat karena pelaporannya cukup melalui internet, lebih nyaman karena tidak perlu datang ke KPP setiap tahun dan tidak perlu mengantre. Kemudian, lebih aman karena untuk menggunakan e-filing, WP harus memiliki efin (electronic filing identification number) terlebih dahulu yang dapat diperoleh di KPP Pratama WP terdaftar. (una)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help