Malapraktik Bedah Sesar, Kain Kasa Bersarang di Perut Wanita Jepang Ini Selama Enam Tahun

Menurut laporan, kain kasa tersebut merupakan sisa operasi sesar yang sudah berlangsung enam tahun sebelumnya.

Malapraktik Bedah Sesar, Kain Kasa Bersarang di Perut Wanita Jepang Ini Selama Enam Tahun
Kasa yang tertinggal di panggul perempuan Jepang 

SERAMBINEWS.COM- Saat mengalami sakit perut atau kembung, mungkin kita pikir ini hanya karena salah makan. Namun jika sakit tak berkesudahan selama tiga tahun, tentu ada persoalan lebih serius.

Gejala ini seperti yang dialami wanita 42 tahun asal Jepang. Awalnya ia mengabaikan kembung yang dirasakan dan barulah memeriksakan diri tiga tahun kemudian.

Setelah pengecekan medis, ternyata ada kain kasa tertinggal di perut. Bagaimana bisa? Kasus ini dilaporkan dalam jurnal terbaru The New England Journal of Medicine, Kamis (22/2/2018).

Menurut laporan, kain kasa tersebut merupakan sisa operasi sesar yang sudah berlangsung enam tahun sebelumnya.

Baca: Ini Dia 3 Link LIVE STREAMING RCTI Laga Manchester United vs Chelsea, Tanding Pukul 21.00 WIB

Tim medis yang memeriksa bagian bawah perut wanita ini langsung bisa menerka ada benda asing di kedua panggulnya. Meski tidak sakit saat disentuh, dokter langsung menyarankan melakukan CT Scan. "Hasil CT Scan menunjukkan adanya gumpalan di bagian panggul yang memiliki struktur padat dan berserabut seperti benang," tulis tim medis dalam laporannya dilansir Science Alert, Jumat (23/2/2018).

Untuk memastikan dan mengetahui benda apakah itu, tim medis segera melakukan pembedahan terhadapnya.

Hasil operasi menunjukkan benda asing berstruktur benang itu adalah dua kain kasa yang tertutup cangkang tebal dan berserat, di mana sebagian menempel pada usus besar dan jaringan perut wanita ini.

Baca: 168 Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara di Bireuen Gugur sebelum Bertanding

Riwayat pasien, ia sudah dua kali melakukan operasi sesar, pertama sembilan tahun lalu dan terakhir enam tahun lalu. Dokter menduga kasa tersebut adalah malpraktek dari operasi sesarnya yang terakhir. Sebab setelah itu ia tidak pernah lagi melakukan operasi.

Halaman
123
Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved