Irwandi: Saatnya Aceh Jadi Tuan Rumah PON

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf merasa optimis kinilah saatnya Aceh menjadi tuan rumah even olahraga

Irwandi: Saatnya Aceh Jadi Tuan Rumah PON
DOK SERAMBINEWS.COM
Irwandi Yusuf 

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf merasa optimis kinilah saatnya Aceh menjadi tuan rumah even olahraga multicabang kasta tertinggi di Indonesia, tepatnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024.

“Aceh harus meraih kesempatan ini secara maksimal, dengan menjadi tuan rumah PON XXI bersama Sumatera Utara (Sumut),” kata Gubernur Irwandi kepada panitia pemenangan atau Biding PON Aceh di Banda Aceh, Selasa (27/2) lalu.

Menurut Irwandi, adalah tugas semua elemen di Aceh, bukan hanya Panitia Biding PON, untuk meyakinkan tim penilai atau tim verifikasi bahwa Aceh memang layak menjadi tuan rumah PON 2024. Kesiapan itu bukan hanya dari sisi prasarana dan sarana olahraga, tapi lebih dari itu juga mencakup semua komponen pendukung untuk terlaksananya PON 2024 di Aceh secara sukses.

Untuk itu, Irwandi kembali mengimbau semua jajaran panitia pemenangan PON dari Aceh mampu melakukan persiapan awal secara maksimal, sehingga semua persyaratan yang masuk variabel penilaian, mampu disajikan secara proporsional.

Gubernur Aceh juga meminta agar tim verifikasi melihat dan merasakan betapa warga Aceh menginginkan daerahnya dipercaya untuk menjadi tuan rumah PON 2024. Karena hal itu juga menyangkut gelindingan roda ekonomi rakyat Aceh serta kemajuan yang signifikan untuk dunia olahraga di Aceh.

Seperti disebutkan sebelumnya, dari 56 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada pesta olahraga empat tahunan itu, masing-masing 28 cabor dipertandingkan di Aceh dan selebihnya dipertandingkan di Sumut.

Khusus Aceh sudah merencanakan enam kabupaten/ kota yang menjadi lokasi pertandingan, yaitu Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, Pidie, Bireuen, Bener Meriah, dan Aceh Tengah.

Setelah dilakukan verifikasi faktual mulai Kamis (1/3) hari ini, akan dilakukan biding di tingkat pusat, tanggal 4 April 2018 di Jakarta.

Saat ini Aceh sudah mendapat dukungan 25 KONI provinsi di Indonesia. Pemerintah Aceh selama ini juga telah melakukan lobi-lobi intensif agar Aceh dipercaya menjadi tuan rumah PON 2024. “Semua sudah bekerja secara maksimal, karenanya kinilah saatnya kita optimis Aceh menjadi tuan rumah PON 2024,” tandas Irwandi Yusuf. (nur)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved