PLN Targetkan Semua Pelanggan Menggunakan Listrik Prabayar di Lhokseumawe

Ini meliputi Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, dan Kota Lhokseumawe

PLN Targetkan Semua Pelanggan Menggunakan Listrik Prabayar di Lhokseumawe
SERAMBINEWS.COM/MUHAMMAD NASIR
Petugas PLN Rayon Kualasimpang sedang memperbaiki jaringan listrik di salah satu tiang di Aceh Tamiang, Sabtu (20/1/2018). 

Laporan Zaki Mubarak | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE - PLN Wilayah Aceh menargetkan 100 persen pelanggan menggunakan listrik prabayar pada tahun 2020.

Namun PLN Area Lhokseumawe melakukan akselerasi dengan menargetkan pengguna listrik prabayar mencapai 100 persen pada tahun 2019 di wilayah kerjanya.

Ini meliputi Kabupaten Bireuen, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, dan Kota Lhokseumawe.

Baca: Haji Uma Pasang Listrik ke Rumah Janda Lansia dan Kirim Bantuan

Manajer PT PLN Area Lhokseumawe, Arif P, melalui pesan WhatsApp kepada Serambinews.com, Rabu (14/3/2018), menyampaikan, untuk mewujudkan hal tersebut PLN akan melakukan sosialisasi dan koordinasi dengan pemerintah daerah sampai ke geuchik-geuchik.

Pada tahun 2018 ini, PLN Area Lhokseumawe menargetkan 23 persen pertambahan pelanggan migrasi dari paskabayar menjadi listrik prabayar, dengan besaran lebih kurang 105.074 pelanggan.

"Jumlah ini terbagi di Bireuen 29.590 pelanggan, Aceh Utara 12.729 pelanggan, Bener Meriah 25.230 pelanggan, Aceh Tengah 26.404 pelanggan, dan Kota Lhokseumawe 11.121 pelanggan," jelasnya.

Baca: Pemuda asal Banda Aceh Curi Bus ALS di Medan, Tertangkap Setelah Tabrak Lima Mobil dan Tiang Listrik

Sementara, lanjut Arif, hingga akhir Februari 2018 tercatat jumlah pelanggan PLN Area Lhokseumawe 409.160 pelanggan dimana 160.373 pelanggan sudah listrik prabayar.

Adapun manfaat menggunakan listrik prabayar untuk pelanggan, yaitu tidak dikenakan biaya beban dan dapat mengendalikan pemakaian listrik.

Kemudian token listrik dapat dibeli dengan pecahan mulai Rp. 20.000.

Baca: Ustaz Somad Disambut dengan Shalawat di Masjid Istiqamah Lhokseumawe

Token listrik tidak ada masa kadaluarsa dan tak ada sanksi denda keterlambatan ataupun pemutusan tunggakan rekening listrik.

"Bagi pemerintah daerah, pengguanaan listrik prabayar oleh pelanggan PLN dapat menjamin kelancaran penerimaan pendapatan asli daerah yang berasal dari pajak penerangan jalan (PPJ)," demikian Arif P.(*)

Penulis: Zaki Mubarak
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved