Warga Abdya Minta tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadhan, Ini Kata Manajer PLN Blangpidie

“Insya Allah tak ada pemadaman. Pekerjaan pemeliharaan rutin kami pending dulu selama bulan Ramadhan,”

Warga Abdya Minta tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Ramadhan, Ini Kata Manajer PLN Blangpidie
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Masyarakat Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), termasuk masyarakat muslim daerah lain akan melaksanakan 1 Ramadhan 1438 H/2018 M pada Kamis (17/5/2018), besok.

Masyarakat Kabupaten Abdya sudah barang tentu sangat mendambakan ibadah puasa dapat dilaksanakan dengan tenang dan lancar atau bebas dari segala bentuk gangguan.

Kelancaran suplai arus listrik ke rumah-rumah warga sangat mendukung kenyamanan pelaksanaan ibadah dalam bulan Ramadhan.

Sebaliknya, bila pasokan arus terputus, maka sangat mengganggu ibadah, termasuk aktivitas rumah tangga menjadi terhenti.

Karenanya warga Kabupaten Abdya, terdiri dari sembilan kecamatan sejak Babahrot (lokasi perbatasan dengan Nagan Raya) sampai Lembah Sabil (lokasi perbatasan dengan Aceh Selatan) minta PLN Rayon Blangpidie agar tidak melakukan tindakan pemadaman arus listrik selama bulan Ramadhan.

Harapan itu disampaikan karena PT PLN Rayon Blangpidie kerap melakukan pemutusan arus listrik, terutama hari Sabtu atau Minggu dengan tenggang waktu lama, sejak pukul 8.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Lalu, apa respon PLN atas harapan tersebut. Manajer PT PLN Rayon Blangpidie, Adam Ramanditha ketika dihubungi Serambinews.com, Rabu (16/5/2018) mengatakan, manajemen PLN berusaha tidak ada tindakan pemadaman atau pemutusan arus listrik dalam wilayah Kabupaten Abdya, selama bulan Ramadhan.

Dalam hal ini, katanya, pekerjaan pemeliharaan rutin jaringan yang biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu atau Minggu akhirnya dipending selama bulan puasa sehingga tidak mengganggu warga dalam melaksanakan ibadah.

“Insya Allah tak ada pemadaman. Pekerjaan pemeliharaan rutin kami pending dulu selama bulan Ramadhan,” kata Adam Ramanditha.

Adam Ramanditha mengakui pekerjaan pemeliharaan rutin selama ini dipilih waktu pelaksanaan pada hari Sabtu atau Minggu.

“Namanya, kegiatan pemeliharaan rutin selalu ada untuk memperbaiki atau mengganti material yang rusak. Tapi, pemeliharaan rutin telah kita putuskan tak dilakukan selama bulan Ramadhan sehingga arus listrik tetap menyala di rumah-rumah pelanggan selama bulan puasa,” katanya.

Akan tetapi Manajer PLN Rayon Blangpidie itu mengatakan bahwa bila sifatnya mendesak atau emergency, maka terpaksa dilakukan pemadaman arus. Dalam hal ini, sangat diharapkan PLTU Nagan Raya dan PLTD Setia di Abdya dalam kondisi normal sehingga tidak terjadi penghentian sementara arus listrik selama bulan puasa. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved