5 Balon DPD RI Serahkan Perbaikan Syarat Dukungan  

Sebanyak lima orang dari 12 bakal calon (balon) DPD RI dari Aceh yang beberapa waktu lalu dinyatakan belum

5 Balon DPD RI Serahkan Perbaikan Syarat Dukungan   
SERAMBINEWS.COM/SUBUR DANI
Komisioner KIP Aceh bersama Komisioner Panwaslih Aceh mengecek kelengkapan syarat dukungan bakal calon anggota DPD RI di KIP Aceh, Rabu (25/4/2018) 

BANDA ACEH - Sebanyak lima orang dari 12 bakal calon (balon) DPD RI dari Aceh yang beberapa waktu lalu dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS) karena belum terpenuhinya bukti dukungan KTP sebanyak 2.000 lembar, kembali menyerahkan perbaikan syarat dukungan mereka ke Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Empat orang menyerahkan perbaikan syarat dukungan pada Sabtu (19/5) dan satu orang lagi pada Minggu (20/5) kemarin. Demikian disampaikan Komisioner KIP Aceh periode 2013-2018, Junaidi dalam wawancaranya dengan Serambi, Minggu (20/5) kemarin.

Namun, Junaidi belum membeberkan siapa lima bakal calon yang telah menyerahkan syarat perbaikan tersebut, karena dirinya sedang berada di luar kantor. “Saya sedang di luar kantor, yang jelas sudah ada lima orang yang menyerahkan perbaikan syarat dukungan itu, kemarin dan hari ini,” kata Junaidi.

Sesuai dengan jadwal tahapan penerimaan berkas syarat dukungan bakal calon DPD RI, kata Junaidi, tahapan perbaikan syarat dukungan bagi bakal calon yang belum memenuhi syarat dukungan dimulai sejak 14-20 Mei. Artinya, KIP memberikan waktu selama tujuh hari bagi 12 bakal calon yang dinyatakan belum memenuhi syarat beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebanyak 16 dari 28 balon DPD RI dinyatakan memenuhi syarat dan 12 di antaranya belum memenuhi syarat dukungan. Mereka yang dinyatakan belum penuhi syarat dukungan adalah Burhanuddin Daud, Fachrurrazi bin Hamzah, Fajran Zain, Hasanuddin Darjo, M Fakhruddin, Masri Gandara Marzuki, Muhammad Ali, Mursalin, Raihan Iskandar, T Abdul Muthalib, Tarmilin Usman, dan Zulfikar W Eda.

“Hari ini (kemarin-red) masih ada waktu sampai pukul 00.00 WIB nanti malam, karena sesuai tahapan jadwalnya sampai tanggal 20 Mei untuk perbaikan syarat dukungan bagi yang belum memenuhi syarat,” kata Junaidi.

Jika sampai tadi malam belum diserahkan syarat dukungan, maka bakal calon yang belum memenuhi syarat dukungan itu dinyatakan gugur. Begitu juga untuk bakal calon yang telah menyerahkan perbaikan syarat dukungan, namun jumlahnya tak mencapai 2.000 lembar dan penyebarannya juga tak mencapai 50 persen kabupaten/kota, maka para bakal calon tersebut juga dinyatakan gugur sebagai bakal calon DPD RI.

“Ini akan kita periksa terus mulai besok, khusus yang baru menyerahkan perbaikan mereka. Sedangkan verifikasi faktual baru kita lakukan setelah 24 Mei nanti,” pungkas Junaidi.(dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved