Malaysia

Mahathir Resmi Bertugas, Lima Agensi dan Departemen Kekuasaan Negara Dibubarkan

Pengumuman itu dibuat dalam sidam akbar pertama kabinet baru yang digelar hari ini di Perdana Putra, Putrajaya, Malaysia.

Mahathir Resmi Bertugas, Lima Agensi dan Departemen Kekuasaan Negara Dibubarkan
Anadolu Agency/Alexandra Radu
Perdana Menteri Malaysia terpilih, Mahathir Mohamad mengadakan konferensi pers bersama dengan para pemimpin Pakatan Harapan, bekas aliansi oposisi di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (10/5/2018). Untuk yang pertama waktu dalam 60 tahun oposisi memenangkan pemilihan di Malaysia dengan mayoritas 122 dari 222 kursi parlemen. 

SERAMBINEWS.COM, PUTRAJAYA - Mahathir Mohamad memasuki periode jabatannya sebagai Perdana Menteri baru Malaysia pada hari ini untuk memulai tugas resminya, dan langsung mengumumkan pembubaran lima agensi dan Departemen Kekuasaan Negara

Departemen kekuasaan pemerintahan yang akan diganti, yakni Majelis Profesor Negara (MPN), Departemen Pembangunan Desa Federal dan Otoritas Keamanan (JKKK), Manajemen Kinerja dan Unit Pelaksana, Departemen Perdana Menteri (PEMANDU), Departemen Urusan Khusus (JASA), dan Komisi Angkutan Umum Darat (SPAD).

Pengumuman itu dibuat dalam sidam akbar pertama kabinet baru yang digelar hari ini di Perdana Putra, Putrajaya, Malaysia.

Baca: Dianggap Lecehkan Manokwari dan Dituntut RP 100 Miliar, Lucinta Luna Menangis Minta Maaf

Baca: Agar Bisa Kabur dari Penjara, Pria Ini Gali Lubang Toilet, Namun Hal Tragis Terjadi

"Pegawai-pegawai dan kaki tangan yang dilantik secara politik, bukan kita tidak memerlukan mereka, tapi ada kasus yang mana pemerintah terdahulu membelanjakan uang semata-mata untuk memberi peluang kepada penyokong mereka," ujar Mahathir pada Konferensi Pers, di Putrajaya, Malaysia, Rabu (23/5/2018).

Terkait kasus JKKK yang dilantik oleh pemerintah federal, Perdana Menteri berkata Komite tersebut menjadi terlalu memiliki unsur politik, padahal peranannya dapat dilakukan oleh pegawai pemerintahan lainnya.

Sementara peran dari SPAD akan dikembalikan kepada Kementerian Pengangkutan.

Ia juga mengungkapkan rasio Hutang Nasional kepada Produk Domestik Bruto (PDB) kini sebesar 65%.

Baca: Kejar-kejaran Sekitar 10 Kilometer, Polisi Tembak Mobil Sedan di Aceh Utara

Baca: Sering Dilakukan, 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Puasa ‘Tak Berguna’

"Kebanyakan dari orang ini akan dikeluarkan, kita akan lebih perhatian kepada mereka yang mendapatkan gaji rendah," tambahnya.

Mahathir Mohamad (92) mengangkat sumpah jabatan sebagai perdana menteri ketujuh Malaysia pada 10 Mei berkat kemenangan Pakatan Harapan pada Pemilu Malaysia ke-14, kembali bertugas selepas 15 tahun silam. Menjadi PM Malaysia keempat sejak 1981, sekaligus menjadikan dirinya sebagai perdana menteri tertua di dunia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mahathir Langsung Umumkan Pembubaran Departemen Karena Kepentingan Politik Pemerintahan Terdahulu

 

Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved