Ribuan Fakir Miskin Terima Zakat Konsumtif

Sebanyak 6.165 warga fakir dan miskin di Banda Aceh menerima zakat konsumtif dari Baitul Mal Kota Banda Aceh

Ribuan Fakir Miskin  Terima Zakat Konsumtif
WALI Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, menyerahkan zakat untuk warga fakir miskin, Jumat (1/6), di Balai Kota Banda Aceh. FOTO HUMAS PEMKO BANDA ACEH 

BANDA ACEH - Sebanyak 6.165 warga fakir dan miskin di Banda Aceh menerima zakat konsumtif dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. Zakat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, didampingi Ketua PKK Hj Nurmiaty AR, di Balai Kota Banda Aceh, Jumat (1/6). Setiap fakir menerima Rp 800 ribu orang, sedangkan warga miskin menerima Rp 600 ribu.

Wali Kota seusai menyerahkan zakat itu meminta para penerima zakat (mustahik) agar dapat memanfaatkan zakat tersebut sesuai kebutuhan. “Saya harap para mustahik dapat memanfaatkan zakat ini sebaik mungkin. Prioritaskan dulu untuk yang benar-benar kebutuhan, terutama kebutuhan Ramadhan dan persiapan jelang lebaran,” ujar Aminullah, seraya berterimakasih kepada wajib zakat (muzakki).

Aminullah optimis ke depan akan lebih banyak wajib zakat yang menyalurkan zakatnya ke Baitul Mal Banda Aceh. Menurutnya, potensi zakat masih banyak di instansi pemerintah, perbankan, asuransi, PLN dan instansi lainnya. “Karena semakin banyak muzakki maka akan semakin banyak yang bisa kita salurkan. Zakat ini bisa memecahkan persoalan sosial,” jelasnya.

Sementara Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Safwani Zainun S Pdi mengatakan, selain menyalurkan zakat konsumtif, pihaknya juga menyerahkan zakat produktif untuk warga kota. Disebutkan, beberapa waktu lalu Wali Kota juga menyerahkan peralatan kerja kepada pemuda yang telah menyelesaikan pelatihan dan magang.

“Selama bulan Ramadhan ini, zakat yang disalurkan mencapai Rp 4,7 miliar. Hari ini saja angkanya Rp 4,1 miliar,” ujarnya. Safwani menyampaikan pihaknya menargetkan realisasi pengumpulan zakat tahun 2018 sebesar Rp 18,6 miliar. Tahun lalu, lanjutnya, Baitul Mal Banda Aceh berhasil mengumpulkan zakat Rp 15 miliar.

Jumlah Mustahik Menurun
KEPALA Baitul Mal Kota Banda Aceh, Safwani Zainun S Pdi mengungkapkan, jumlah penerima zakat (mustahik) terutama dari senif fakir dan miskin di Kota Banda Aceh tahun 2018 menurun dibandingkan tahun sebelumnya. “Tahun lalu di angka 6.500 lebih. Sedangkan hari ini yang kita salurkan sebanyak 6.165 fakir dan miskin,” kata Safwani.

Menurut Safwani, menurunnya jumlah penerima zakat konsumtif senif fakir dan miskin tidak terlepas dari menurunnya angka kemiskinan di Banda Aceh. Dikatakan, database warga miskin mengacu pada data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). “Jadi data TNP2K kami kirim ke keuchik untuk diverifikasi. Ada warga yang tidak mendapatkan zakat lagi karena tidak tergolong miskin lagi,” pungkasnya.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved